Breaking News

Ini Alasan Pemkot Jakarta Pusat Kosongkan Rumah yang Dihuni Aktris Wanda Hamidah

Aktris Wanda Hamidah. Foto: net

WELFARE.id-Sejak tiga hari lalu, kabar menghebohkan di media sosial (medsos) datang dari aktris yang juga mantan anggota DPRD DKI Jakarta Wanda Hamidah. 

Itu terjadi setelah adanya upaya paksa penggusuran rumahnya yang dihuni keluarga yang diduga dilakukan atas perintah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat.

Itu diungkapkan oleh Wanda Hamidah melalui akun Instagram pribadinya. Lewat unggahannya, mantan politisi Partai NasDem itu meminta pertolongan pada Presiden Joko Widodo hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

"Kami mohon perlindungan hukum kepada Pak @jokowi, Pak@aminuddin.maruf, Pak @mohmahfudmd, Pak@kapolri_indonesia atas tanah dan rumah yang kami tinggali dari tahun 1960 dari dugaan kesewenang-wenangan," cuit Wanda seperti dilihat, Kamis (13/10/2022).

Ternyata alasan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat mengeksekusi rumah Wanda Hamidah di Jalan Citanduy 2, Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat itu dilakukan karena Surat Izin Penghunian (SIP) sudah habis sejak 2012.

Penegasan itu disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Ani Suryani. 
Menurut Ani Suryani, Wanda Hamidah menempati salah satu dari empat rumah di atas lahan seluas 1.400 meter persegi milik Japto Soerjosoemarno.

"Nah pada saat tanah negara ini bebas, siapa saja boleh menempatinya. Penghuni di sini tidak melanjutkan (SIP) itu, sehingga pada 2010 (pemilik SHGB) membelinya. Kemudian diterbitkan suratnya," terang Ani Suryani.

Menurut Ani juga, Japto memiliki Surat Hak Guna Bangunan (SHGB) sejak 2012, meskipun rumah ini merupakan aset negara. ”Tanah negara kalau ada izinnya silakan digunakan,” paparnya juga.

Saat ada permintaan eksekusi pemilik SHGB maka dilakukan. Tapi, jajaran Pemkot Jakarta Pusat yang mendampingi pengosongan lahan itu pun membuka kesempatan untuk berdialog.

Tujuannya untuk mengambil jalan tengah terkait pengosongan lahan yang kini berhak dihuni oleh pemilik SHGB. (tim redaksi)

#wandahamidah
#pengosongan
#lahannegara
#pemkotjakartapusat
#japtosoerjosoemarno
#mantanpolitisinasdem

Tidak ada komentar