Breaking News

Ingin Jadi Sineas? Ini Tips dari Riri Riza

Press conference film pendek 'Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu' (welfare.id/ Dewi Maryani) 

WELFARE.id-Film Indonesia beberapa tahun belakangan terus bermunculan. Kelahiran sineas-sineas muda juga  mulai bermunculan. 

Sutradara kawakan, Riri Riza pun memberikan tips membuat konten menarik yang bisa diikuti para sineas muda. Menurutnya, di era kemajuan teknologi seperti sekarang tidak terlalu sulit untuk memilih perangkat yang baik. 

Riri mengatakan, membuat konten menarik sudah bisa menggunakan smartphone. Yang terpenting adalah bagaimana membangun ceritanya agar menarik dan bisa membawa perasaan para penonton. "Untuk bercerita harus dilatih," ungkapnya dalam acara nonton bareng film pendek 'Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu', dikutip Jumat (7/10/2022). 

"Penting untuk mencoba sebaik baiknya teknologi smartphone saat ini supaya saat pertama konten dibuka, di frame pertama, dideck aja, itu bisa menggugah," tambahnya. 

Menurut pemilik nama lengkap Mohammad Rivai Riza mengatakan, jika dua hal tersebut sudah dikuasai, maka bukan hanya mampu membuat konten menarik tapi juga bisa membuat film pendek. Dan bahkan bukan tidak mungkin film pendek yang dibuat mendapat penghargaan. 

Riri pun memiliki keyakinan bahwa teknologi yang menempel pada kamera smartphone bisa dimanfaatkan dalam pembuatan film pendek maupun panjang. 

Menurut dia, sudah banyak sebuah karya film-film yang menggunakan smartphone sebagai alat produksinya untuk menghasilkan gambar dari cerita-cerita yang menarik dan tidak sedikit yang sudah banyak memenangkan berbagai penghargaan. 

"Sebenarnya pengambilan gambar dengan kamera smartphone ketika membuat karya film ini sudah dimulai cukup lama dan banyak juga dari mereka yang sudah memenangkan berbagai penghargaan," tandasnya. 

Hal itu juga dia buktikan dalam sebuah film pendek berjudul "Kau, Rabu, dan Perkara-Perkara Sepintas Lalu" yang di dalam proses pengambilan gambarnya secara penuh menggunakan smartphone Oppo Find X5 Pro. "Saya sudah lama percaya bahwa teknologi bagian penting dalam sebuah proses pembuatan film," ucapnya. 

Dalam lokasi yang sama, seorang produser yang ikut terjun dalam projek ini, Mira Lesmana, juga memberikan pandangannya bahwa menggunakan smartphone sebagai alat perekam gambar membuat produksi film semakin cepat. "Kalau menggunakan kamera handphone ini kan ringkas ya, jadi semuanya bisa cepat," kata Mira Lesmana. 

Hal itu dibuktikannya melalui proses syuting yang tidak membutuhkan waktu lama, yakni hanya empat hari masa produksi. Hal itu tentu bertolak belakang dengan menggunakan peralatan syuting konvensional yang bisa memakan waktu dua kali lebih lama. 

Oppo Find X5 Pro 5G memiliki teknologi terbaru yaitu Ultra Night Video kualitas 4K yang didukung oleh chip Neural Processing Unit (NPU) MariSilicon X. Find X5 Pro 5G menjadi smartphone pertama yang memiliki fitur video Ultra Night Video dengan kualitas 4K. (tim redaksi) 

#sineas
#sineasmuda
#riririza
#miralesmana
#tipsjadisineas
#oppo
#findxpro5g

Tidak ada komentar