Breaking News

Hari Menopause Sedunia, Kaum Wanita Diingatkan Jaga Asupan Gizi Seimbang

Ilustrasi wanita yang sudah menopause. Foto: net

WELFARE.id-Hari Menopause Sedunia 2022 yang jatuh pada tanggal 18 Oktober 2022 ini, merupakan momentum bagi para perempuan untuk menjaga kesehatan dirinya. Perempuan pun diserukan untuk menjaga asupan gizi seimbang.

"Sehingga ketika tiba waktu kita memasuki masa menopause, kita bisa menikmati masa menopause dalam tubuh yang metabolismenya masih cukup baik dan berkualitas," terang Plt Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes Ni Made Diah, Rabu (19/10/2022).

Made menjelaskan menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami. Biasanya, kondisi ini terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun.
"Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila tidak mengalami menstruasi minimal selama 12 bulan," jelas Made.

Perubahan lain yang terjadi dalam tubuh wanita yang menopause, yakni dari penampilan fisik, kondisi psikologis, hasrat seksual, hingga kesuburan. Made menuturkan bahwa dengan mengkonsumsi asupan gizi seimbang, kondisi tulang ketika memasuki usia menopause dapat tetap kuat.

Selain itu, metabolisme dalam tubuh tetap terjaga dengan baik, sehingga menghindari penyakit-penyakit metabolik. Kemenkes juga mendorong puskesmas untuk dapat memberikan layanan kesehatan yang terbaik dan mendorong gencarnya promosi kesehatan yang preventif pada seluruh siklus kehidupan manusia. (tim redaksi)


#menopause
#kementeriankesehatan
#kemenkes
#prosesalamitubuh
#menstruasi
#kesehatanwanita

Tidak ada komentar