Breaking News

Hari Ini Komnas HAM Panggil Dirut PT LIB, Korban Kanjuruhan Bertambah Jadi 133 Orang

Tragedi Kanjuruhan (dok) 

WELFARE.id-16 hari setelah terjadinya tragedi Kanjuruhan, proses penyelidikan masih terus dilakukan. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) hari ini, Rabu (19/10/2022) akan memanggil PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam pemeriksaan terkait Tragedi Kanjuruhan Malang beberapa waktu lalu. 

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan, pemanggilan PT LIB tersebut direncanakan pada pukul 10.00 WIB nanti. Ia pun menyampaikan, belum ada perubahan jadwal terkait pertemuan tersebut. "Sampai saat ini masih Pukul 10.00 WIB," ujarnya. 

Sebelumya, Komnas HAM akan memanggil PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait Tragedi Kanjuruhan Malang beberapa waktu lalu. Diketahui PT LIB tidak dapat memenuhi panggilan Komnas HAM beberapa waktu lalu. Mereka juga memanggil medcom dari PSSI. 

Terpisah, korban meninggal dunia akibat tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur bertambah satu orang, sehingga secara keseluruhan menjadi 133 orang. 

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar dr Kohar Hari Santoso di Kota Malang, Jawa Timur, mengatakan bahwa korban mengalami penurunan kesadaran dan kondisi sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada pukul 13.20 WIB. 

"Ada satu lagi korban dari tragedi Kanjuruhan yang sudah kami rawat sejak hari kejadian. Tadi ada penurunan kesadaran dan kondisi. Kami sudah coba perbaiki, tapi terakhir pukul 13.20 WIB kami nyatakan sudah meninggal," katanya. 

Korban meninggal dunia usai dirawat di RSUD Saiful Anwar sejak 2 Oktober 2022 tersebut, bernama Andi Setiawan (33 tahun), warga Jalan Kolonel Sugiono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. 

Dalam kesempatan itu, salah satu tim dokter anestesi dan ICU RSUD Saiful Anwar Malang dr Eko Nofiyanto menjelaskan pasien tersebut masuk dalam perawatan rumah sakit pada 2 Oktober 2022 ,kurang lebih pada pukul 03.00 WIB dengan kondisi kritis. "Saat itu, pasien masuk dengan kondisi kritis dengan penurunan kesadaran. Ada cedera di beberapa tempat," kata Eko. 

Eko menjelaskan sejumlah trauma yang dialami korban adalah memar di paru-paru, patah tulang iga dan tulang paha sebelah kanan. Dengan kondisi tersebut, korban dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU). 

Menurutnya, pengawasan secara penuh dilakukan kepada pasien sejak hari pertama masuk perawatan di rumah sakit. Namun, kondisi korban selama 16 hari menjalani perawatan di ICU tidak stabil dan kritis. (tim redaksi) 

#tragedikanjuruhan
#malang
#komnasham
#ptlib
#komnashampanggilptlib
#korbankanjuruhan
#korbankanjuruhanbertambah

Tidak ada komentar