Breaking News

Gelontorkan Dana Perang 500 Juta Euro, Uni Eropa Juga Latih 15.000 Tentara Ukraina

Tentara Ukraina. Foto: Ilustrasi/ Dok.Anadolu Agency

WELFARE.id-Sesuai rencana awal, mulai November mendatang, para menteri luar negeri Uni Eropa akan melatih sedikitnya 15.000 tentara Ukraina. Uni Eropa juga akan memberikan tambahan dana senilai 500 juta euro untuk pengiriman senjata ke Kiev.

Dua pejabat senior Uni Eropa mengatakan, pelatihan militer akan berlangsung di wilayah Uni Eropa, yaitu di Polandia dan Jerman. Sebelumnya, beberapa negara Uni Eropa telah menginstruksikan pasukan Ukraina tentang cara menggunakan senjata tertentu dan ini akan terus berlanjut.

Uni Eropa telah mendukung Kiev sejak awal perang dengan memberikan bantuan keuangan dan bantuan militer. Para menteri luar negeri akan memberikan tambahan bantuan militer senilai 500 juta euro kepada Kiev, sehingga jumlah total yang dialokasikan untuk persenjataan menjadi lebih dari 3 miliar euro. 

Dana tambahan juga akan menutupi biaya perbaikan dan pemeliharaan senjata yang sudah dikirim ke Ukraina. Pasukan Rusia dan Ukraina terlibat dalam pertempuran sengit di dua kota di wilayah Donbas, timur Ukraina. 

Para pejabat mengatakan, Ukraina diserang oleh pesawat tak berawak Rusia pada Senin (17/10/2022) pagi waktu setempat. Akhir pekan ini terjadi pertempuran sengit di Donetsk dan Luhansk, dan Provinsi Kherson di sepatan Ukraina. 

Mereka merupakan tiga dari empat wilayah yang dianeksasi oleh Rusia bulan lalu setelah mengadakan referendum atau pemungutan suara. "Titik panas utama di Donbas adalah Soledar dan Bakhmut. Pertempuran yang sangat berat sedang terjadi di sana," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam pidatonya, Minggu (16/10/2022) lalu.

Bakhmut telah menjadi target pasukan Rusia, sejak mereka merebut kota-kota kembar industri Lysychansk dan Sievierodonetsk pada Juni dan Juli. Soledar berada tepat di utara Bakhmut. (tim redaksi)

#pelatihantentaraukraina
#unieropa
#perangrusiavsukraina
#targetpasukanrusia
#alokasisenjata

Tidak ada komentar