Breaking News

Enam Situs Milik Pemprov Sumsel Diretas Hacker, Pengamat: Ada Ketidakpuasan!

Ilustrasi hacker pembobol situs. Foto: net

WELFARE.id-Peretasan situs milik pemerintah oleh hacker kembali terjadi. Kali ini, giliran situs milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) yang diretas oleh orang tak bertanggungjawab tersebut. 

Tidak tanggung-tanggung, enam situs resmi milik dinas di Pemprov Sumsel mengalami peretasan sejak Minggu (16/10/2022). Peretas menamai diri sebagai Pancasila Cyber Team dan Jombang Hacked Crew Cidro Xploiter Geng10.

Adapun enam situas dinas yang mengalami peretasan adalah Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (blhp.sumselprov.go.id), Dinas Kehutanan (dishut.sumselprov.go.id), Dinas Perpustakaan (dispustaka.sumselprov.go.id).

Lalu, Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (rskgm.sumselprov.go.id) dan Kesbangpol 
Provinsi Sumsel (kesbangpol.sumselprov.go.id) dan daftarsimdapro.sumselprov.go.id.

Saat dicoba akses pada Senin (17/10/2022), beberapa situs telah disuspen. Peretas enam situs milik Pemprov Sumsel itu mengatakan alasan dibalik peretasan tersebut.

”Teruntuk pemerintah jangan anggaran bikin website aja yg gede benerin tuh website banyak bugnya wkwkwk developernya cuma ngopi doang anggaran aja gede website gampang di retas wkwkwk makannya jangan kebanyakan korupsi bos #Dari masyarakat Untuk pemerintah,” tulis peretas, Senin (17/10/2022).

Tapi hingga Senin (17/10/2022), pihak Kominfo Sumsel belum bersedia memberikan keterangan terkait peristiwa peretasan enam situs milik dinas di Pemprov Sumsel tersebut.

Sementara itu, Pengamat IT di Sumsel John Roni Coyanda mengatakan adapun motif dalam upaya peretasan di antaranya karena bentuk ketidakpuasan terhadap pemerintah, baik terhadap layanan atau data yang ditampilkan di situs tersebut.

”Secara umum serangan hacker berharap agar kinerja pemerintah berjalan dengan baik,” ujar John saat dikonfirmasi, Minggu (16/10/2022) malam.

”Saat data terkirim dari satu komputer ke komputer lain akan memberi kesempatan pada user internet lain untuk mencoba masuk ke jaringan yang lain. Perlunya koordinasi dan pelatihan untuk pengelola web di instansi untuk mencegah dan mengamankan serangan ke situs mereka,” imbuhnya.

Terakhir John juga memberi imbauan kepada pemerintah untuk lebih menjaga situs resmi milik mereka, dan selalu melakukan mitigasi guna menghindari kebocoran data-data penting. (tim redaksi)


#peretasan
#situspemerintahdaerah
#pemprovsumsel
#hacker
#informasipublik
#provinsisumsel

Tidak ada komentar