Breaking News

Enam dari Tujuh Anak Asal Medan yang Derita Penyakit Gagal Ginjal Misterius Meninggal

Ilustrasi anak dirawat akibat gagal ginjal akut misterius. Foto: net

WELFARE.id-Penyakit gagal ginjal akut misterius memakan korban jiwa lagi. Kali ini, sebanyak enam anak penderita gagal ginjal akut misterius yang belum diketahui penyebabnya di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) meninggal dunia. 

Sebelumnya enam anak tersebut menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik, Kota Medan, Provinsi Sumut.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi RSUP Adam Malik, Rosmayanti Syafriani mengatakan bahwa pihaknya telah merawat tujuh anak penderita ginjal akut misterius itu sejak Juli 2022. 

"Dari tujuh kasus itu, satu kasus berhasil ditangani dan pasien sudah sehat. Namun enam kasus tidak bisa diselamatkan dan meninggal," katanya, Selasa (18/10/2022).

Rosmayanti juga menyebutkan, anak-anak yang meninggal akibat gagal ginjal akut tersebut berusia 1-5 tahun. Mereka berasal dari Kota Medan dan beberapa kabupaten/kota di Provinsi Sumut. 

”Kasus terakhir ditangani terhadap anak usia dua tahun asal Kota Medan. Kami sudah lakukan tindakan sesuai dengan prosedur Kementerian Kesehatan terkait pasien dengan gejala ginjal akut," paparnya juga.

Dia menambahkan, faktor utama penyebab ginjal akut yang menyerang anak-anak ini belum bisa dipastikan, apakah faktor dari makanan atau ada penyebab yang lainnya.

Namun kata dia, pasien dengan yang mengalami penyakit itu datang dengan kondisi parah dan lantas memburuk sangat cepat. Rata-rata korban mengalami gejala awal tidak bisa kencing atau kencingnya sedikit sekali dibandingkan dalam keadaan normal. 

"Sampai saat ini kita pun belum bisa atau belum dapat menentukan penyebab utama penyakit gagal ginjal akut misterius ini," paparnya juga. 

Sementara itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan data kasus gangguan ginjal akut misterius mengalami kenaikan. Awalnya tercatat sebanyak 152 kasus. Tapi hingga Selasa (18/10/2022) bertambah menjadi 192 kasus di 20 provinsi. (tim redaksi)


#gagalginjalakut
#penyebabmisterius
#provinsisumut
#kotamedan
#rsupadammalik
#ikatandokterindonesia
#idai

Tidak ada komentar