Breaking News

Disiarkan Langsung, Sidang Perdana Sambo Cs Digelar Hari Ini di PN Jaksel

Terdakwa Ferdy Sambo. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Inspektur Jenderal Ferdy Sambo, akan menjalani sidang perdana kasus pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022) hari ini. Dalam sidang perdana hari ini, Sambo dipastikan hadir.

"Pasti hadir karena sidangnya offline," kata pengacara Sambo, Arman Hanis kepada wartawan, dikutip Senin (17/10/2022). Lebih lanjut, ia menjelaskan, sidang tersebut hanya pembacaan dakwaan terhadap Ferdy Sambo dari Jaksa Penuntut Umum. 

Sehingga Sambo tidak melakukan persiapan apapun dalam menghadapi persidangan besok.   "Tak ada persiapan khusus. Jadwal sidang besok itu hanya pembacaan surat dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum," ujarnya.

Humas PN Jaksel Djuyamto sebelumnya menyampaikan, pihaknya memutuskan menggelar sidang secara langsung melalui siaran TV Poll atau kanal YouTube. Hal itu setelah mempertimbangkan, antusiasme publik yang besar terhadap kasus yang menewaskan Brigadir J.

"Bahwa antusiasme publik untuk memperoleh serta mengikuti informasi perkembangan persidangan perkara FS dkk akan difasilitasi oleh siaran atau liputan TV melalui TV Poll. Sehingga publik tidak perlu datang menghadiri langsung ke PN Jakarta Selatan,” ucapnya, Senin (17/10/2022).

Demi kelancaran proses persidangan, PN Jaksel melakukan pembatasan kehadiran fisik di dalam ruang sidang. Pihaknya membatasi jumlah pengunjung sidang sebanyak 50 orang.

"Kapasitas muat ruang sidang utama PN Jakarta Selatan terbatas jumlahnya (maksimal 50 orang), maka akan dilakukan pembatasan jumlah pengunjung sidang yang bisa masuk ke ruang sidang utama,” imbuhnya. Ia menambahkan, awak media yang melakukan peliputan diizinkan terlebih dahulu melakukan pengambilan foto sebelum sidang dimulai. 

Selanjutnya, publik bisa memantau persidangan melalui siaran langsung TV Poll atau YouTube PN Jakarta Selatan. "Publik dapat mengakses informasi melalui siaran TV Poll atau YouTube PN Jakarta Selatan yang akan ditayangkan di 8 layar monitor yang ada di kantor PN Jakarta Selatan,” ulasnya.

Sebelumnya, PN Jakarta Selatan telah merilis ringkasan dakwaan terhadap Ferdy Sambo. Sambo akan diadili dalam dua perkara yang saling berkaitan. 

Selain diduga melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, Sambo juga akan didakwa dalam perkara menghalang-halangi penegakan hukum atau obstruction of justice. Dalam kasus pertama, Sambo diancam pidana dalam Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1. 

Sementara dalam kasus obstruction of justice, Ferdy Sambo dijerat dengan Pasal 221 KUHP. Untuk terdakwa Ferdy Sambo, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah menunjuk majelis hakim diketuai oleh Wahyu Iman Santosa. 

Wahyu merupakan Kepala PN Jakarta Selatan. Sementara Morgan Simanjutak dan Alimin Ribut Sujono akan menjadi hakim anggotanya. Selain Sambo, Pengadilan Jakarta Selatan juga akan menggelar sidang perdana untuk kasus pembunuhan Brigadir J dengan terdakwa Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Maruf, hari ini juga.

Sedangkan sidang pembacaan dakwaan untuk terdakwa Bharada E akan dilakukan esok hari, Selasa (18/10/2022). Sementara enam terdakwa dalam kasus obstruction of justice, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman Arifin, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto akan menjalani sidang perdana mereka Rabu (19/10/2022). (tim redaksi)

#kasuspembunuhanbrigadirj
#kasuspolisitembakpolisi
#brigadirj
#ferdysambo
#obstructionofjustice
#pnjaksel
#sidangperdanasambo
#sidangdakwaan

Tidak ada komentar