Breaking News

Dinkes Kota Tangsel Temukan Satu Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak

Ilustrasi pasien gagal ginjal akut misterius dirawat. Foto: net

WELFARE.id-Kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak ditemukan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel melaporkan terkait adanya penemuan satu kasus gagal ginjal akut progresif atipikal (GdGAPA) atau Atypical Progressive Acute Kidney Injury (AKI) pada anak dari daerah tersebut.

"Betul, kami telah menerima laporan dari RSCM Jakarta, bahwa ada seorang anak dari Kota Tangerang Selatan, terkonfirmasi menderita Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) atau Atypical Progressive Acute Kidney Injury (AKI), pada Sabtu 10 September 2022,” ujar Kepala Dinkes Kota Tangsel Alin Hendarlin melalui keterangan tertulis, Minggu (23/10/2022).

Alin juga mengatakan kalau penemuan kasus gagal ginjal akut itu, bermula dari penyelidikan epidemiologi kepada satu pasien laki-laki berusia 5 tahun yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas.

Anak itu kemudian ditemukan memiliki gejala seperti demam, diare, kehilangan nafsu makan, sakit perut dan tes urin yang menunjukkan gagal ginjal akut berdasarkan atas hasil pemeriksaan.

"Awalnya orang tua membawa berobat ke klinik, tetapi dikarenakan kondisinya tidak membaik, kemudian mereka pergi ke rumah sakit di Kota Tangsel dan dirujuk ke RSCM,” ujar Alin juga.

Dia juga mengatakan, dalam perawatan sejak 10 September 2022 hingga saat ini,  pasien anak tersebut telah rutin dipantau. Dari seminggu sekali hingga setiap dua minggu hingga sebulan sekali.

"Saat ini kontrol tiga bulan sekali. Pemeriksaan terakhir tanggal 18 Agustus 2022 dan saat ini kondisi pasien baik, tidak ada keluhan dan sudah beraktivitas seperti biasa," papar Alin juga.

Sebelumnya pekan lalu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengklaim  belum ditemukannya kasus gagal ginjal akut pada anak-anak di daerah yang dia pimpin.

Meski begitu, Benyamin mengaku sudah memerintahkan jajaran Dinkes Kota Tangsel untuk mengambil langkah-langkah persiapan untuk menerima pasien gagal ginjal akut tersebut. (tim redaksi)

#gagalginjalakut
#kotatangsel
#dinkestangsel
#rscm
#perawatanintensif
#kesehatan

Tidak ada komentar