Breaking News

Dilanda Hujan Deras, Tujuh Jalan di Ibu Kota Jakarta Banjir, Macet Parah

Seorang petugas kepolisian berjaga di dekat banjir setinggi 60 cm di Jalan TB. Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022). Foto: @TMCPoldaMetro

WELFARE.id-Usai hujan deras yang melanda DKI Jakarta selama beberapa jam, sejumlah wilayah ibu kota dilanda banjir, Kamis (6/10/2022). Salah satunya terjadi di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Banjir itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Akibatnya, kemacetan parah terjadi pada jam pulang kerja tersebut. 
Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram, @jktinfo, banjir menutup Jalan TB Simatupang dari arah Cilandak Timur menuju Fatmawati. 

Kendaraan roda empat maupun roda dua tak bisa melintas. "Pantauan di TB Simatupang - Cilandak pada sore hari ini," demikian tulis @jktinfo.

Dari video tersebut tampak lalu lintas menuju Fatmawati lumpuh total. Kendaraan mengular dari fly over sebelum Gedung JGC. Tak hanya itu, sejumlah motor juga terlihat masuk ke jalan tol untuk bisa melaju guna menghindari banjir.

Informasi banjir di TB Simatupang juga dibagikan oleh akun Twitter Radio Sonora. "Jalan TB Simatupang, Depan Gedung JGC Banjir, akses lalu lintas lumpuh," tulis akun @SonoraFM92.

Sementara itu, Camat Cilandak Djaharuddin 
mengatakan kalau Jalan TB Simatupang sempat lumpuh akibat banjir setinggi 60 centimeter (cm). Tapi dia juga mengatakan genangan air di jalan tersebut berangsur surut.

"Memang tadi lalu lintas lumpuh ya tapi sekarang sudah berangsur-angsur surut ya, saya tidak terlalu monitor di sana. Laporan tadi saya liat di grup banjir setinggi 60 cm lebih," terangnya. 

Tapi sekarang, ujarnya juga, kendaraan sudah bisa lewat. ”Air sudah surut, cepat surutnya. Itu yang TB Simatupang depan Cilandak Town Square," papatnya juga. 

Akibat banjir itu membuat Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan pengalihan arus lalu lintas di off ramp Pondok Indah imbas banjir di Jalan TB Simatupang yang mengarah ke Fatmawati.

"Genangan Air sekitar 60 cm di Jl. TB. Simatupang depan Pom Bensin Shell Jakarta Selatan, situasi terkini blm dapat dilalui kendaraan R2 & R4," tulis akun Twitter @TMCPoldaMetro.

Selain di Jalan TB Simatupang, sejumlah jalan di ibu kota juga mengalami banjir. Pantauan ada 7 ruas jalan di wilayah Jakarta yang terendam banjir. Berikut ini rincian datanya 7 ruas jalan yang tergenang banjir tersebut: 

1. Jalan TB Simatupang, Kel. Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan (ketinggian air 30-60 cm)

2. Jalan Jeruk Purut, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (ketinggian air 30 cm)

3. Jalan Raya Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan (ketinggian air 30 cm).

4. Jalan Pejaten Raya, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (ketinggian air 30 cm)

5. Jalan Intan, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan (ketinggian air 30 cm)

6. Jalan Komplek Polri, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan (ketinggian air 20-30 cm)

7. Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan (ketinggian air antara 15-30 cm). (tim redaksi)


#banjir
#cuacaekstrem
#hujanderas
#banjir
#jakartaselatan
#genanganair
#macetparah

Tidak ada komentar