Breaking News

Diikuti Kafilah dari Seluruh Indonesia, MTQ Nasional Siap Digelar di Kalsel

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional XXIX siap digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin memastikan seluruh provinsi di Indonesia mengirim kafilah di ajang nasional yang digelar pada 10-19 Oktober 2022. 

"Semua (provinsi) mengirim kafilah, kami sudah koordinasi dengan semua Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia," ujarnya dikutip Kamis (6/10/2022). 

Menurut dia, data peserta yang masuk masing-masing kafilah provinsi di Indonesia sudah lebih 90 persen, dipastikan semuanya datang menjelang penyelenggaraan. Sebab, kata Tambrin yang juga Ketua Koordinator Kanwil Kemenag Seluruh Indonesia, para qori dan qoriah yang mengikuti MTQ nasional mulai melakukan registrasi ulang pada 11 Oktober 2022 yang bertempat di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru. 

Pada 11 Oktober 2022 dilaksanakan pawai taaruf mulai dari halaman Mesjid Al Karomah Martapura Kabupaten Banjar. "Selanjutnya dilangsungkan malam taaruf para kafilah di O Kilometer Siring Sungai Martapura di Kota Banjarmasin," katanya. 

Pembukaan resmi MTQ Nasional ke-29 yang dijadwalkan dihadiri langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo di Astaka Utama Kiram Park Kabupaten Banjar pada malam tanggal 12 Oktober 2022. "Setelah itu dimulai lomba berbagai cabang MTQ hingga penutupan," tukasnya. 

Sebagaimana yang sudah ditetapkan ada 12 venue perlombaan yang tersebar di Kabupaten Banjar ada enam venue, Kota Banjarbaru sebanyak empat venue dan Kota Banjarmasin sebanyak dua venue. "Sejauh ini pemerintah provinsi sudah menyiapkan semua venue yang luar biasa bagi kesuksesan MTQ ini," ucapnya. 

Dia pun menyampaikan, pelaksanaan MTQ nasional ke-29 di Kalsel ini harus bisa sukses besar, sebab ini menjadi sejarah setelah lebih 50 tahun. Terakhir kali Kalsel menjadi tempat penyelenggaraan MTQ pada 1970. Ditambah, acara ini berbarengan dengan Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan. "Karenanya, kita semua warga Kalsel harus berpartisipasi menyukseskan termasuk menyambut baik tamu dari semua provinsi," pungkasnya. (tim redaksi) 

#MusabaqahTilawatilQuranTingkatNasionalXXIX
#mtqnasional
#mtq2022
#mtq2022kalsel
#banjarmasin
#kalsel

Tidak ada komentar