Breaking News

Dihajar Hujan Deras, Longsor Putuskan Akses Jalan Dua Desa di Bandung Barat

Jalan penghubung dua desa di Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, terputus usai terjadinya longsor. Foto: BPDB Bandung Barat.

WELFARE.id-Longsor terjadi lagi di Kabupaten Bandung Barat. Akibatnya, jalan penghubung antara dua desa  yakni  Desa Rancasenggang dengan Desa Buninagara, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat terputus.

Lebih dari separo badan jalan amblas akibat tergerus longsor yang terjadi Selasa malam (4/10/2022) usai hujan deras yang terjadi cukup lama di wilayah tersebut. 

Material tanah longsor melumpuhkan jalan penghubung dua desa yang berlokasi di Kampung Pasir Tanjung RT 03/05, Desa Rancansengang, Kecamatan Sindangkerta.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan intensitas air hujan yang deras mengguyur daerah tersebut mengakibatkan saluran air meluap. 

Akibatnya, air menggerus tebing di tepi jalan beberapa waktu sebelum terjadi longsor. ”Pada hari Selasa sekitar pukul 19.00 WIB telah terjadi hujan deras yang membuat saluran air meluap sehingga terjadi longsor,” ujar Duddy, Rabu (5/10/2022).

Longsor tersebut mengakibatkan jalan penghubung dua desa di Kecamatan Sindangkerta tergerus dan memakan hampir seluruh badan jalan.

”Dampak dari longsor yaitu terputusnya akses jalan Kabupaten penghubung antara Desa Rancasengang denga Desa Buninagara sehingga sulit dilalui  kendaraan, terutama roda empat,” ungkap Duddy juga.

Karena itu, dia mengimbau warga yang akan melintas menggunakan kendaraan untuk menghindari titik longsor, karena jalan saat ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

”Kita sudah pasang plang rambu-rambu peringatan. Untuk sementara kami imbau pengendara tidak melintas jalan tersebut karena dikhawatirkan ada longsor susulan,” ungkap Duddy juga.

Saat peristiwa longsor terjadi, beruntung tidak ada pengendara yang melintas melalui jalan tersebut sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana alam tersebut. (tim redaksi)


#bencanaalam
#longsor
#kabupatenbandung
#jawabarat
#bpbdbandungbarat
#aksesduadesaterputus

Tidak ada komentar