Breaking News

Dihajar Hujan Deras Berhari-hari, Venezuela Dilanda Longsor, 22 Orang Tewas

Petugas membawa jenazah warga yang tewas akibat tanah longsor di Kota Las Tejerias, Venezuela, Sabtu (9/10/2022). Leonardo Fernandez Viloria/Reuters

WELFARE.id-Dihantam hujan deras yang terjadi selama berhari-hari, memicu tanah longsor yang banjir melanda sebuah kota di Venezuela tengah. Akibatnya, 22 warga tewas dalam bencana alam itu. 

Pejabat berwenang setempat, Senin (10/10/2022) mengatakan selain 22 orang tewas, puluhan orang lainnya dilaporkan masih hilang akibat tersapu longsor.

Ratusan penduduk Kota Las Tejerías di Santos Michelena, kota industri pertanian di negara bagian Aragua yang terletak sekitar 87 kilometer di sebelah tenggara Caracas, hanya punya waktu beberapa detik menyelamatkan diri sebelum tanah longsor terjadi.

”Jumlah korban tewas yang resmi mencapai 22 orang, setelah penemuan 20 jenazah pada Minggu (9/10/2022),” terang Wakil Presiden Delcy Rodríguez kepada stasiun televisi Venezolana de Televisión yang dimiliki pemerintah.

”Terdapat tanah longsor besar di pusat Las Teherias. Ini akibat lima sungai di daerah itu meluap usai hujan deras yang terjadi berturut-turut selama bebarapa hari,” katanya dari lokasi bencana. 

Dia juga mengatakan ribuan Tim SAR yang dikerahkan usai terjadi bencana telah menemukan 22 orang tewas usai tersapu longsor. ”Selain itu juga ada lebih dari 52 yang hilang," terangnya juga. 

Pejabat itu juga mengatakan tempat penampungan akan disediakan bagi mereka yang kehilangan rumah.
Dalam sepekan belakangan, hujan deras telah menyebabkan banjir di 11 dari 23 negara bagian Venezuela.

Sedangkan Presiden Nicolás Maduro mengatakan 20.000 petugas, termasuk petugas penyelamat dan anggota pasukan keamanan, telah dikerahkan ke wilayah yang terdampak oleh bencana tersebut. (tim redaksi)


#venezuela
#bencanaalam
#banjir
#hujanderas
#kotalasteherias
#presidenvenezuela
#nicolasmaduro

Tidak ada komentar