Breaking News

Diduga Akibat Arus Pendek, 2 Rumah dan 2 Unit Sepeda Motor Hangus Terbakar di Tenggarong

Kebakaran di Jalan Pateh Kota, Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong, Kalimantan Timur, Kamis (20/10/2022) malam. Foto: Istimewa/ Dok.pusaranmedia.com

WELFARE.id-Kebakaran terjadi di Jalan Pateh Kota, Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, Kamis (20/10/2022) malam. Kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 20.30 WITA. 

Tampak api mulai membesar dari salah satu rumah panggung berbahan kayu. Tampak satu unit motor yang terparkir di depan rumah pun ikut hangus terbakar.

“Cepat, itu api sudah mulai merembet,” ucap salah satu warga yang mencoba memadamkan api. Hanya dalam hitungan menit, si jago merah dengan cepat merambat ke rumah yang ada di sebelah kiri dan kanan.

Arus pendek atau korsleting listrik diduga menjadi penyebab awal kebakaran yang menghanguskan dua rumah dan satu motor di Jalan Pateh Kota, Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong itu. "Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat terjadinya korsleting listrik,” ungkap Kapolres Kukar, AKBP Hari Rosena, dikutip Jumat (21/10/2022).

Menurut penuturan saksi Siswanto (45) dan saksi Bahruni (60), melihat ada kobaran api yang berasal dari rumah Fathul (50). Sontak kedua saksi berteriak meminta pertolongan warga sekitar. 

"Mereka juga segera menghubungi saksi H Murniansyah selaku Ketua RT,” tuturnya Hari. Berdasarkan keterangan para saksi, mereka melihat titik api berasal dari bagian depan rumah Fathul. 

Sebagai informasi, meteran listrik di rumah Fathul baru diganti oleh pihak PLN sepekan lalu. "Tidak lama beberapa menit kemudian PMK, balakar, dan Satpol PP datang memadamkan api. Api dapat dipadamkan pukul 21.30 WITA dengan menggunakan empat unit mobil PMK dan unit mobil Satpol PP,” paparnya. 

Akibat insiden tersebut, dua rumah dan dua unit sepeda motor Honda Vario dan Yamaha Sigma  ludes terbakar. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp500 juta. 

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Fida Hurasani menambahkan, kendala awal proses pemadaman terjadi lantaran pemadaman listrik yang sedikit lambat dari pihak PLN. Ada dua KK dan 10 jiwa terdampak dan harus kehilangan tempat tinggal. Namun, dirinya memastikan, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. (tim redaksi)

#kebakarandikaltim
#kebakaran
#didugakorsletinglistrik
#kerugianakibatkebakaran
#takadakorbanjiwa
#tenggarongkalimantantimur

Tidak ada komentar