Breaking News

Dibiarkan Bisa Jadi Wasir, 5 Buah Ini Cocok untuk Atasi Sembelit dan BAB Berdarah

Sembelit atau susah BAB. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sembelit atau susah BAB pasti pernah dialami setiap orang. Tapi kalau frekuensinya sering, kamu patut khawatir, karena bisa menjadi penyakit wasir atau lebih parah lagi dari itu.

Sembelit, bahkan sampai BAB berdarah disebabkan banyak faktor. Bisa karena salah makan, kurang mengonsumsi serat, infeksi di bagian usus, robekan pada jaringan yang melapisi anus, dan masih banyak lagi.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi BAB berdarah atau sembelit. Salah satunya, mengonsumsi buah-buahan ini.

Melansir laman Healthline, Rabu (5/10/2022), mengonsumsi buah-buahan ini terbukti membuat sembelit berkurang, sehingga gampang BAB:

1. Pir 

Satu buah pir berukuran sedang mengandung hampir 6 gram serat, yang merupakan 22% dari kebutuhan serat harian orang pada umumnya. Pastikan untuk memakan buah ini dengan kulitnya, karena di situlah banyak serat penangkal ambeien. Pir dapat dikonsumsi sebagai camilan atau bisa direbus, dibuat sup, atau dibuat salad.

2. Apel 

Seperti pir, apel memiliki jumlah serat yang cukup banyak. Misalnya, satu buah apel berukuran sedang memiliki hampir 5 gram serat. 

Terlebih lagi, beberapa dari serat ini adalah pektin, yang merupakan serat larut yang menciptakan konsistensi seperti gel di saluran pencernaan. Ini membantu melunakkan BAB. Sekaligus bisa mengurangi ketegangan dan membantu ketidaknyamanan yang terkait dengan wasir. 

3. Raspberry dan Strawberry

Sementara buah beri dianggap berserat, raspberry dan strawberry bisa sebagai pembangkit tenaga pengepakan serat. Cukup makan 1 cangkir atau setara dengan 123 gram raspberry atau strawberry mentah untuk mendapatkan 8 gram serat dengan kadar air 85%. 

4. Pisang 

Pisang cocok untuk kamu yang sedang mengalami BAB berdarah atau wasir. Sebab di dalam pisang mengandung pektin dan pati resisten. 

Satu pisang berukuran sedang memiliki 3 gram serat. Sementara pektinnya menciptakan gel di saluran pencernaanmu, pati resistennya memberi makan bakteri usus yang ramah. Serta kombinasi yang bagus untuk membantu mengatasi masalah BAB berdarah. 

5. Labu 

Labu memiliki 9 gram nutrisi untuk mengatasi masalah BAB berdarah. Kamu bisa mengonsumsi labu dengan dipanggang, ditumis, atau direbus untuk membantu menjaga saluran pencernaan dan menangkal wasir. (tim redaksi)

#sembelit
#susahbab
#buahbuahan
#tipspencernaansehat
#konsumsiserat
#masalahbab

Tidak ada komentar