Breaking News

Dianggap Tak Cocok Ada di Tengah Kota, Kawasan Industri Pulo Gadung Bakal Dipindah ke Subang

Kawasan industri Pulo Gadung. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana akan memindahkan kawasan industri Pulo Gadung yang dikelola PT Jakarta Industrial Estate Pulo Gadung (JIEP) ke Subang, Jawa Barat. Pemindahan tersebut bertujuan untuk mengembangkan ekosistem di Jawa Barat.

Juga diharapkan dapat mengurangi polusi di ibu kota. Hal tersebut juga telah dibahas dalam pertemuannya bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Kawasan industri itu tidak cocok lagi di tengah kota, menambah polusi. Makanya harus pindah," ujarnya kepada wartawan, dikutip Kamis (20/10/2022).

Ia menambahkan, pihaknya sudah melakukan pembahasan dengan pemerintah daerah, karena sebesar 50% saham JIEP dimiliki oleh BUMN melalui PT Danareksa (Persero). Sementara sisanya milik Pemprov DKI Jakarta.

Erick mengungkapkan, Jawa Barat memiliki potensi yang besar untuk menjadi pusat pertumbuhan baru. Hal itu didukung dengan adanya berbagai akses infrastruktur mulai dari Bandara Kertajati yang berfokus pada pelayanan kargo, Pelabuhan Patimban, jalan tol, hingga kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan segera beroperasi nanti

"Makanya saya mendorong yang namanya kawasan industri baru di Subang. Pak Heru punya cita-cita di Jakarta Timur," tuturnya.

Erick menambahkan, penguatan ekosistem di Jawa Barat juga tercermin dari integrasi transportasi publik Jakarta dan Bandung. Nantinya, LRT, kereta cepat Jakarta-Bandung, dan KRL akan menjadi satu kesatuan.

"Kemarin Gubernur Jabar juga sudah membuat pernyataan, bukan tidak mungkin titik akhir kereta cepat menjadi bagian dari perbaikan fasilitas untuk pusat pemerintah Jabar. Inilah sinergi yang kita dorong sama-sama," tutupnya. (tim redaksi)

#kawasanindustripulogadung
#rencanapemindahanpulogadung
#polusi
#rencanapulogadungdipindahkesubang
#jiep
#pempovdkijakarta
#pengembanganekosistemjawabarat
#menteribumnerickthohir

Tidak ada komentar