Breaking News

Data POGI: Sebanyak 3% Ibu Hamil yang Terpapar Covid Meninggal, Vaksinasi Tetap Dibutuhkan

Ibu hamil. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pandemi COVID-19 telah menimbulkan kematian yang masif. Salah satunya kelompok rentan, yaitu ibu hamil.

Merujuk data dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), tercatat ada 536 orang ibu hamil terpapar COVID-19 pada periode April 2020-April 2021. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3 persen di antaranya meninggal dunia.

Data di atas adalah data sebelum lonjakan kasus, puncak gelombang COVID-19 di Indonesia yang terjadi pada periode Juni-Juli 2021 karena serangan varian Delta. Angka kematian ibu hamil karena COVID-19 di masa pandemi, jadi catatan penting bahwa wanita mengandung tetap wajib mendapatkan perlindungan ekstra.

Ketua Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Prof dr Asri C Adisasmita mengatakan, kerentanan ibu hamil saat terjangkit COVID-19 disebabkan karena kurangnya prenatal visit. Kala itu, rumah sakit menjadi momok menakutkan bagi semua orang.

"Karena tidak melakukan prenatal visit, sehingga tidak tahu persis bagaimana kesehatan si ibu mau pun janinnya,” lanjutnya.dalam talkshow kesehatan bertajuk "Akhir Pandemi di Depan Mata, Kita Harus Bagaimana?", secara daring, dikutip Kamis (6/10/2022).

Maka itu, kasus kematian ibu hamil akibat COVID-19 didominasi karena adanya pendarahan dan kondisi lainnya. "Ada juga dampak yang mungkin terjadi, baik pada ibu dan bayi. 

Karena pada saat Covid kemarin kematian ibu didominasi oleh virus. Padahal umumnya, kematian ibu hamil disebabkan karena pendarahan, kondisi preklamsi esplamsi, kalau infeksi jarang ya,” lanjutnya.

Sebagai upaya perlindungan ekstra, Kementerian Kesehatan RI per Agustus 2021 sudah mengizinkan pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil, dalam Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021. 

POGI juga sudah mengeluarkan rekomendasi vaksin Covid untuk ibu hamil dengan usia kehamilan 12 sampai 33 minggu. Rekomendasi yang sama juga sudah dirilis Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). (tim redaksi)

#ibuhamil
#kerentananibuhamil
#covid19
#vaksinasicovid
#usiakehamilan
#pogi
#itagi

Tidak ada komentar