Breaking News

Catatkan Sejarah, Xi Jinping Bakal Jabat Tiga Periode Presiden Tiongkok

Presiden Tiongkok Xi Jinping saat berbicara dalam Kongres Partai Komunis China beberapa hari lalu. Foto: Xinhua

WELFARE.id-Sejarah baru tercipta di Tiongkok (China, Red). Sejarah itu tercipta usai Xi Jinping kembali terpilih menjadi presiden pertama di negara komunis itu yang akan menjabat tiga periode. 

Jinping akan menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) untuk ketiga kalinya dan tentunya akan memimpin partai besar tersebut sekaligus sebagai Presiden Tiongkok yang ketiga kalinya.

Kepastian  terpilihnya Xi Jinping menjadi Presiden Tiongkok kembali adalah berdasarkan hasil keputusan Kongres Partai Komunis China (PKC). Karena terpilihnya kembali Xi Jinping menjadi salah satu pemimpin yang kuat di Negeri Panda tersebut. 

Dilansir CNN, pada Minggu (23/10/2022) atau sehari setelah penutupan Kongres Partai Komunis China yang digelar lima tahunan itu, Xi mengumumkan enam orang sebagai anggota Partai Komunis Komite Tetap Politbiro atau badan penguasa tertinggi Tiongkok. 

Mereka adalah Li Qiang, Zhao Leji, Wang Huning, Cai Qi, Ding Xuexiang dan Li Xi. Mereka yang terpilih itu adalah loyalis Xi yang setia.

Selain itu juga, Jinping mengungkapkan susunan lengkap 24 anggota Politbiro, yang untuk pertama kalinya setidaknya 25 tahun tidak termasuk perempuan. 
Ini pun menggarisbawahi kelangkaan perwakilan perempuan di eselon atas partai.

Empat wajah baru di Komite Tetap Politbiro yang beranggotakan tujuh orang semuanya adalah sekutu dan anak didik lama Xi yakni Li Qiang, Cai Qi, Ding Xuexiang dan Li Xi.

Berdasarkan laporan media pemerintah Tiongkok, Xinhua, Minggu (23/10/2022), Presiden Xi Jinping juga menjabat sebagai ketua Komisi Militer Pusat PKC. Jabatan itu memimpin kepolisian dan militer Tiongkok. 

Sejak zaman Presiden Deng Xiaoping, ketua dari Komisi Militer Pusat juga merupakan jabatan untuk Presiden Tiongkok.
 
Seperti diketahui Jinping menghapus batas dua periode masa jabatan presiden pada 2018 lalu. Sejak penghapusan masa periode tersebut, jalan Jinping terbuka lebar untuk memerintah tanpa batas waktu. 

Maka dari itu Jinping mengukir sejarah baru dalam menjabat tiga periode. Karena Presiden Tiongkok sebelumnya hanya menjabat dua periode.

Jinping merupakan pria berusia 69 tahun yang lahir pada 15 Juni 1953 di Fuping, Provinsi Shaanxi. Ia merupakan putra dari veteran komunis Xi Zhongxun.

Jinping mempunyai satu orang anak dari pasangannya, Peng Liyuan yaitu seorang artis serta penyanyi folklor kontemporer terkenal. 

Dilansir dari Forbes, Jinping merupakan sarjana seni/sains di Universitas Tsinghua serta Dokter Ilmu Hukum di Universitas Tsinghua.

Jinping dikenal sebagai pribadi yang mempunyai sifat keras serta sangat menentang korupsi. Dalam dunia politiknya di Tiongkok, ia telah menjadi penerus kelima menggantikan Hu Jintao menjadi Sekretaris Jenderal dan Pemimpin tertinggi dari Partai Komunis Tiongkok.

Kariernya menjadi presiden Republik Rakyat Tiongkok (RTT) dimulai sejak 14 Maret 2014 pada pemilihan oleh Kongres Rakyat Nasional di Beijing dan memperoleh 2.952 suara dan hanya memperoleh satu suara tidak setuju serta tiga suara abstain. (tim redaksi)


#republikrakyattiongkok
#tiongkok
#presidentigaperiode
#xijinping
#china
#partaikomunischina
#catatsejarahbaru

Tidak ada komentar