Breaking News

BMKG Minta 32 Provinsi Waspada Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan

Ilustrasi (dok sar indonesia) 

WELFARE.id-Sebanyak 32 provinsi di Indonesia diprediksikan akan dilanda cuaca ekstrem untuk sepekan ke depan. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia itu menjadi peringatan dini agar menjadi kewaspadaan bagi seluruh pihak. 

"Berdasarkan analisis terkini, kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam siaran tertulisnya, dikutip Minggu (9/10/2022). 

Dia menjelaskan, perkiraan cuaca ekstrem merupakan hasil analisis dinamika atmosfer terkini dari BMKG. Hasilnya, terdapat sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan. 

Selain itu, perkiraan terjadinya cuaca ekstrem juga didukung dengan aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti Madden Julian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin. 

"Hal tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," tukasnya. 

Berdasarkan kondisi itu, Dwikorita menyatakan bahwa akan ada potensi curah hujan dengan intensitas sedang ke lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 9-15 Oktober 2022 di 32 dari 37 provinsi di Indonesia. 

 32 Provinsi yang Terdampak 

Berikut 32 provinsi yang diprediksi terdampak dari analisis BMKG tersebut: 

1. Aceh 

2. Sumatera Utara 

3. Kepulauan Riau 

4. Riau 

5. Kepulauan Bangka Belitung 

6. Jambi 

7. Bengkulu 

8. Sumatera Selatan 

9. Lampung 

10. Banten 

11. DKI Jakarta 

12. Jawa Barat 

13. Jawa Tengah 

14. DI Yogyakarta 

15. Jawa Timur 

16. Bali 

17. Nusa Tenggara Barat 

18. Kalimantan Barat 

19. Kalimantan Timur 

20. Kalimantan Utara 

21. Kalimantan Tengah 

22. Kalimantan Selatan 

23. Sulawesi Utara 

24. Gorontalo 

25. Sulawesi Tengah 

26. Sulawesi Barat 

27. Sulawesi Selatan 

28. Sulawesi Tenggara 

29. Maluku Utara 

30. Maluku 

31. Papua Barat 

32. Papua. (tim redaksi

#bmkg
#cuaca
#cuacaektrem
#prakiraancuaca
#hujan

Tidak ada komentar