Breaking News

Bertemu di Istana, Jokowi Dapat Jersey dan Bola Piala Dunia Qatar

Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA (instagram) 

WELFARE.id-Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Induk Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022) siang. 

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mendapat suvenir spesial dari Presiden FIFA Gianni Infantino. Dalam keterangan persnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan pembicaraan dengan Infantino tak lepas dari tragedi Kanjuruhan serta menyoal transformasi sepak bola nasional. 

Bola yang diberikan Infantino tampak berbeda karena terdapat tulisan Joko Widodo. Begitu pula dengan jersey merah yang terdapat nama Jokowi dan nomor punggung 1. 

Jokowi dalam Instagram-nya mengunggah buah tangan dari FIFA. "Buah tangan dari Presiden FIFA Gianni Infantino: jersey sepak bola FIFA bernomor punggung 1 dan bola resmi Piala Dunia Qatar 2022," tulis Jokowi 

Jokowi pun menirukan pernyataan Infantino saat memberikan jersey dan bola. "Because now President is part of the FIFA team," kata Gianni Infantino. 

Kedatangan Infantino ke Jakarta merupakan lanjutan atas rencana besar transformasi sepak bola Indonesia terkait buntut dari kasus tragedi Kanjuruhan. Dalam pertemuan tersebut Pemerintah Indonesia dan FIFA sepakat untuk melakukan transformasi menyeluruh sepak bola Indonesia serta memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan FIFA. 

Dalam korespondensi Infantino dan Jokowi disebutkan lima poin dalam transformasi sepak bola Indonesia yang merupakan kerja sama antara FIFA, AFC, pemerintah dan PSSI. 

Poin transformasi itu antara lain mengenai standar keamanan dan keselamatan stadion, protokol dan prosedur pengamanan kepolisian, sosialisasi intensif, penjadwalan pertandingan, dan pendampingan untuk keselamatan dan keamanan di stadion. 

Tragedi Kanjuruhan terjadi usai pertandingan Liga 1 Indonesia antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 1 Oktober. 

Menurut laporan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang diserahkan kepada Presiden Jokowi pada Jumat (14/10/2022), Tragedi Kanjuruhan menimbulkan sedikitnya 132 korban jiwa, 96 korban luka berat, dan 484 lainnya luka sedang serta ringan. (tim redaksi) 

#jokowibertemupresidenfifa
#jokowidodo
#presidenri
#jokowi
#presidenfifa
#fifa
#Gianniinfantino
#tragedikanjuruhan

Tidak ada komentar