Breaking News

Bersama Kemenkes, dan BPOM, Mabes Polri Bentuk Tim Investigasi Bersama Kasus Gagal Ginjal Akut

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Foto: net

WELFARE.id-Kasus kematian ratusan anak-anak yang menjadi penderita ginjal akut misterius membuat sejumlah pihak yang berwenang turun tangan melakukan penyelidikan. 

Mabes Polri bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi bersama terkait kasus gagal ginjal akut tersebut. 

Bahkan, Bareskrim Polri telah menggelar rapat dengan Kemenkes untuk mengusut ada tidaknya unsur pidana pada kasus penyakit yang menyerang ratusan anak dan membuat ratusan anak-anak itu meninggal dunia. 

"Jadi informasi terakhir yang saya dapat, bahwa kemarin masih dilaksanakan kegiatan rapat antar Bareskrim, Kemenkes dan BPOM," terang Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada awak media dikutip Sabtu (29/10/2022). 

Menurut Dedi juga, dari hasil rapat tersebut disepakati Bareskrim Polri, Kemenkes, dan BPOM melakukan investigasi bersama dalam rangka pengusutan penyakit mematikan tersebut. 

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombespol Nurul Azizah mengungkapkan, tim tersebut akan diisi oleh jajaran Bareskrim Polri. 

”Polri telah membentuk tim yang dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Bareskrim Polri dan beranggotakan penyidik Direktorat Tipidnarkoba, Direktorat Tipiddeksus dan Direktorat Tipidum Bareskrim Polri," terangnya, Senin (24/10/2022). 

Menurut Nurul, juga tim tersebut secara khusus akan segera merespon isu terkait permasalahan gagal ginjal akut. "Tim bekerja pada tataran penyelidikan dengan mengedepankan kolaborasi bersama Kemenkes RI dan BPOM RI," ujar Nurul.

Sedangkan Kemenkes kembali melaporkan peningkatan kasus gagal ginjal akut misterius (acute kidney injury/AKI). 

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menyampaikan, jumlah kasus gagal ginjal akut progresif atipikal mencapai 269 kasus per tanggal 26 Oktober 2022. Dari jumlah itu, angka kematiannya mencapai 157 anak. (tim redaksi)


#gagalginjalakut
#kesehatan
#penyelidikan
#mabespolri
#bareskrim
#bpom
#penyelidikanbersama

Tidak ada komentar