Breaking News

Berpolemik, Warga Malah Antre Foto di Halte Bundaran HI

Halte Bundaran HI (Instagram @dyahlistyowardhani) 

WELFARE.id-Proyek revitalisasi Halte Transjakarta Tosari-Bundaran Hotel Indonesia (HI) oleh PT Transjakarta masih menuai polemik di publik. 

Halte tersebut kritik lantaran model arsitekturnya dinilai menutup pandangan ke Patung Selamat Datang. Namun, revitalisasi halte ini sementara berjalan terus meski menuai kritik. 

Sejarawan JJ Rizal tidak setuju desain halte TransJakarta yang menutupi pandangan ke arah benda bersejarah, yakni Patung Selamat Datang, di Henk Ngantung Fontein, atau biasa disebut masyarakat sebagai Bundaran HI di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. 

"Mohon Pak Gubernur @aniesbaswedan setop pembangunan halte @PT_Transjakarta yang arogan di kawasan cagar budaya penanda sejarah perubahan kota kolonial jadi kota nasional warisan Sukarno," ucapnya dikutip dari cuitan Twitter @JJRizal. 

Menanggapi hal itu, Pemprov DKI beralasan desain halte Tosari-Bundaran HI itu telah dirancang jauh-jauh hari. 

Namun, di tengah polemik, warga Ibu Kota justru bebondong-bondong datang ke halte yang belum sepenuhnya rampung itu. Satu per satu mereka antre berfoto di halte demi dapat latar belakang Patung Selamat Datang. Ya, meski belum diresmikan, halte bus Transjakarta ini sudah mulai diujicoba sejak Jumat (8/10/2022). 

Mereka antre untuk berfoto di area anjungan. Anjungan tersebut bisa diisi maksimal 20 orang. Latar belakang foto tentu saja Patung Selamat Datang dan air mancur Bundaran HI. 

"Menurut saya ini bagus sih jadi bisa ada spot foto baru. Memang semua pasti ada yang baru dan ada yang hilang, tapi kalau lebih baik kenapa enggak," ujar Any, salah seorang pengunjung. 

Revitalisasi Halte Bundaran HI sempat dikritik sejarawan JJ Rizal karena halte tersebut bakal menutupi pemandangan Patung Selamat Datang dari arah Jalan MH Thamrin. 

Terkait hal ini, menurutnya, jika dilihat saksama tak terlalu berdampak. "Sebetulnya kalau dari jalur pedestrian itu enggak ngehalangin pemandangan, paling kehalang kalau dari poros jalan aja," kata Agus, salah satu pengunjung. (Tim redaksi

#haltetj
#haltetjhi
#haltetransjakarta
#haltetransjakartabundaranhi
#bundaranhi
#spotinstagramable

Tidak ada komentar