Breaking News

Bentrok di Penjara Latacunga Ekuador, 15 Narapidana Tewas

Sejumlah petugas kepolisian Ekuador berdatangan ke Lapas Latacunga usai terjadi kerusuhan. Foto: New York Post

WELFARE.id-Kerusuhan antarnarapidana yang berujung tewasnya belasan penghuni penjara terjadi di sebuah penjara Ekuador, Senin (3/10/2022).

Bentrokan antara napi bersenjatakan senjata api dan pisau di dalam Penjara Latacunga yang berlokasi di Ekuador tengah itu menewaskan sedikitnya 15 orang dan 20 lainnya luka-luka. Jumlah itu diungkapkan pihak berwenang setempat.

Layanan penjara nasional Ekuador mengkonfirmasi jumlah korban tewas di penjara Latacunga, yang terletak 80 kilometer selatan Ibu Kota Quito. Hingga kini petugas kepolisian dan sipir penjara masih mencari mayat di paviliun penjara.

Video di mana tembakan dan jeritan narapidana terdengar diposting di media sosial (medsos) hingga viral seperti dikutip dari AP, Rabu (5/10/2022).

Para pejabat mengaitkan bentrokan itu dengan kelompok-kelompok perdagangan narkoba nasional dan internasional yang telah mengubah penjara-penjara di negara Andes itu menjadi tempat pembantaian.

Bentrokan di penjara kerap terjadi di Ekuador ketika kelompok-kelompok pengedar narkoba berjuang untuk mendapatkan kekuasaan dan hak distribusi narkoba.

Menurut layanan penjara, sekitar 316 narapidana tewas di dalam penjara Ekuador tahun lalu. Sejauh ini tahun ini ada 90 kematian. Pembantaian terburuk terjadi pada bulan September tahun 2021 lalu di Lembaga Pemasyarakatan Litoral di Guayaquil, di mana 125 tahanan tewas.

Sistem penjara Ekuador dirancang untuk menampung sekitar 30.000 orang, tetapi sekitar 35.000 narapidana ditahan di 53 penjara negara bagian pada bulan lalu atau melebihi kapasitas. (tim redaksi)

#penjara
#lapas
#kerusuhan
#ganknarkoba
#tahanannarkoba
#ekuador

Tidak ada komentar