Breaking News

Begini Siklus dan Jam-Jam Aktif Organ Tubuh Manusia yang Wajib Diketahui

Ilustrasi tidur sangat penting untuk organ tubuh beristirahat. Foto: net

WELFARE.id-Gaya hidup manusia ternyata berpengaruh terhadap organ-organ dalam tubuh. Pernahkan kamu memikirkan apakah organ kita terus-terusan bekerja? Atau mungkin berhenti sejenak?

Ternyata organ yang ada dalam tubuh kita memiliki waktu-waktu tertentu untuk bekerja aktif. Dilansir alagenex.com, Jumat (28/10/2022) bahwa memahami mekanisme, di mana fungsi organisme kita dapat membantu kita mencapai kesehatan yang lebih baik. 

Pergantian siklus mendefinisikan bioritme dasar tubuh kita mengalami perubahan keadaan terjaga saat aktif dan keadaan tertidur, ketika tubuh kita berhenti. 
Hormon yang mengirimkan sinyal ke tubuh kita untuk tidur disebut melatonin dan diproduksi pada malam hari. 

Bioritme juga mengontrol sekresi hormonal, mengatur suhu tubuh dan tekanan darah, berdampak pada suasana hati kita, merangsang serta meredam nafsu makan seseorang untuk berbagai aktivitas. Ini memiliki dampak signifikan pada aktivitas organ dalam.
 
Bioritme dan Pengaruhnya Terhadap Organ Dalam

Setiap organ dalam tubuh kita memiliki periode waktu khusus sekitar 2 jam pada hari tertentu di mana ia bekerja paling efisien. 

Jika kamu menderita penyakit yang berhubungan dengan organ individu, gejala yang bersangkutan akan terlihat paling jelas pada waktu puncak organ tersebut. 

Hal ini menjelaskan mengapa sebagian besar serangan jantung terjadi sebelum tengah hari, karena jantung paling aktif pada waktu itu. Demikian pula, orang dengan masalah kandung empedu merasakan gejalanya sekitar tengah malam ketika aktivitas organ ini mencapai puncaknya.

Tentunya kamu telah memperhatikan bahwa bahkan flu biasa atau pilek memanifestasikan dirinya secara berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari. Perbedaan ini dapat dijelaskan dengan mekanisme jam biologis.

Mari kita lihat lebih lanjut jam-jam puncak masing-masing organ sehingga kita tidak terlalu memaksakannya ketika mereka harus beristirahat: 

1. Hati (01.00 – 03.00 WIB) 
Pada jam ini fungsi hati berada pada puncaknya yaitu berfungsi menghilangkan lemak dari aliran darah dan mengeluarkan zat beracun. 

Fungsi lain dalam organisme kita terhambat, oksigenasi otak berada pada tingkat terendah. Kamu  harus meningkatkan kewaspadaanmu jika kamu mengendarai kendaraan pada jam ini.

Jika kamu memiliki masalah kandung empedu, kamu mungkin mengalami gejala terkait, karena hati dan kantong empedu adalah "organ pasangan". Pada saat ini kamu tidak boleh minum alkohol atau kopi, merokok atau makan makanan berlemak.
 
2. Paru-Paru  (03.00 - 05.00 WIB)
Tugas utama paru-paru adalah pernapasan dan pada saat inilah paru-paru menjadi yang terkuat secara fisik. Secara teknis, ini dianggap sebagai waktu terbaik untuk berolahraga dan mencatat rekor pribadi jika kamu dalam keadaan sehat.

Saluran Paru-paru berhubungan dengan kesedihan dan kekhawatiran emosional, yang melemahkan tubuh dan sistem kekebalannya. Jadi jika kamu mengalami masa sulit, tetaplah di tempat tidur, beri nutrisi pada meridian Paru-paru kamu dan istirahatlah.
 
3. Usus Besar (05.00 – 07.00 WIB)
Mereka yang terbiasa bangun pada jam ini biasanya mendapatkan ritme harian mereka yang aktif lebih cepat. Di pagi hari kamu harus menikmati relaksasi dan menghindari stres dan ketegangan.

Terutama pasien jantung harus menenangkan diri ke dalam rutinitas sehari-hari secara perlahan, karena pada pagi hari mereka mungkin lebih rentan terhadap keadaan jantung. 

Minum cukup cairan, idealnya teh, dan hindari minuman dingin. Disarankan untuk membiasakan buang air besar pada jam-jam seperti ini. Orang sehat dapat memperoleh banyak nilai dari olahraga pagi.

Menjelang jam 7 detak jantung mulai naik dan sekresi hormon meningkat, termasuk testosteron. Konsentrasi hormon pria ini dalam aliran darah 40% lebih tinggi daripada di tengah malam, yang menjelaskan mengapa pria menyukai seks pagi hari.

4. Perut (07.00 – 09.00 WIB) 
Tubuh harus tetap hangat di pagi hari, oleh karena itu hindari mandi air dingin. Selama dua jam ini organ pencernaan bekerja dengan baik dan inilah waktu terbaik untuk sarapan.

Berikan tubuh kamu semua vitamin, mineral, dan nutrisi. Lakukanlah yang terbaik untuk tubuhmu.
 
5. Pankreas dan Limpa (09.00 – 11.00 WIB)
Tubuh mencerna gula lebih efisien saat ini, jadi jangan ragu untuk menikmati banyak buah atau madu. Namun, kamu harus menghindari alkohol.

Sebelum tengah hari kita paling aktif, kinerja mental kita meningkat dan jiwa kita mencapai tingkat maksimum. Namun, jika memungkinkan mari kita hindari aktivitas fisik yang berlebihan.

Sekitar jam 10 adalah waktu terbaik untuk belajar dan sekitar jam 11 kinerja mental kita mencapai puncaknya. Seluruh tubuh dan pikiran kamu dalam kondisi prima dan oleh karena itu pada waktu ini paling cocok untuk membuat keputusan penting.

Tekanan darah lebih tinggi sebelum tengah hari, turun sedikit di sore hari dan mulai naik lagi menjelang malam. Itulah mengapa kita paling aktif di pagi hari.
 
6. Jantung  (11.00 – 13.00 WIB) 
Kita tidak boleh terlalu memaksakan tubuh kita dengan makan makanan berat pada saat jantung kita paling aktif. 

Ini adalah waktu di luar jam sibuk, oleh karena itu kamu harus waspada terhadap potensi cedera atau kecelakaan. Berjalan-jalan sebentar atau tidur siang mungkin sangat bermanfaat bagi kita. 

Terutama selama hari-hari musim panas, pasien jantung mungkin merasa jauh lebih buruk. Berikan tubuhmu setidaknya sedikit istirahat.
 
7. Usus Halus  (13.00 – 15.00 WIB)
Tubuh kita sedang dalam proses mencerna makanan dan kita merasa agak lemah, kita merasa malas. 
Penurunan tidak hanya aktivitas kita, tetapi juga kerentanan kita terhadap rasa sakit.

8. Kantong Kemih  (15.00 – 17.00 WIB) 
Pada pukul 15.00, organ-organ sistem ekskresi dan proses detoksifikasi berada pada kekuatan penuh. Dianjurkan untuk minum banyak cairan, terutama teh herbal.

Waktu sore ini cocok untuk kegiatan olahraga. Kemampuan kinerja organ ini berjalan lancar, Sistem pencernaan siap memproses makanan substansial. 

Sekitar pukul 16 adalah waktu yang tepat untuk mengisi kembali vitamin dan mineral agar sistem kekebalan tubuh kita terbangun. 
 
9. Ginjal  (17.00 – 19.00 WIB)
Pukul 17.00 adalah waktu terbaik untuk berolahraga atau aktivitas fisik lainnya. Ginjal sedang bekerja, oleh karena itu cobalah untuk menghindari segala sesuatu yang merugikan ginjal seperti lemak, gula, garam, alkohol, dingin dan stres.

Sebaliknya, sekitar pukul 18.00 suhu tubuh menurun, organisme menjadi tenang dan aktivitas fisik menurun. Ini adalah waktu untuk makan terakhir hari ini, tapi sebaiknya hindari makanan manis dan kopi.
 
10. Perikardium dan Sirkulasi Darah (19.00 – 21.00 WIB) 
Saat ini kita sangat sensitif dan organisme kita kembali ke bentuk sebelumnya, refleks dirimu  berfungsi dengan sangat baik. Namun demikian, kita mungkin mengalami kelelahan mental dan kegugupan. Tekanan darah naik dan sakit kepala cukup sering terjadi. 

Kulit kita cenderung kurang permeabel dan oleh karena itu hal yang paling pas untuk mengoleskan salep obat pada bagian yang sakit.

11. Persiapan untuk Tidur (21.00 – 23.00 WIB) 
Perut berhenti mengeluarkan cairan lambung dan oleh karena itu apa pun yang kamu makan saat ini akan dicerna di pagi hari.

Waktu dari pukul 21.00 WIB bisa disebut "jam siswa" karena kita lebih tanggap dan memori kita dapat menyimpan pengetahuan yang diperoleh untuk waktu yang lebih lama. 

Pada pukul 22.00 WIB fase tidur nyenyak dimulai. Sangat penting bagi anak-anak untuk tidur pada saat ini karena tubuh mereka memproduksi sebagian besar hormon pertumbuhan dan pemulihan sel dimulai.
 
12. Kantong Empedu  (23.00 - 01.00 WIB) 
Setelah sekitar satu jam tidur, kamu mulai memasuki fase mimpi pertama. Namun, jika kamu makan berat untuk makan malam, kandung empedu kamu tidak akan membiarkan kamu tertidur atau kamu mungkin terbangun karena sakit perut yang parah.

Sekitar tengah malam tubuh kita berhenti memproduksi hormon penghambat rasa sakit. Jika Anda memiliki beberapa masalah atau rasa sakit, kamu akan merasakannya lebih intensif. Pasien kandung empedu biasanya mengalami penurunan kondisi mereka, bahkan mungkin kejang. (tim redaksi)


#kesehatan
#siklusorgantubuh
#gayahidup
#waktuistirahat
#sakit
#perbaikanorgantubuh

Tidak ada komentar