Breaking News

Bawa 173 Penumpang, Korean Air Alami Overshoot di Landasan Pacu Bandara Internasional Cebu Filipina

Pesawat airbus milik Korean Air yang menabrak landasan pacu Bandara Internasional Cebu, Filipina, Minggu (23/10/2022) malam. Foto: Istimewa/ AP

WELFARE.id-Sebuah pesawat airbus milik maskapai Korea Selatan (Korsel), Korean Airlines Co Ltd mengalami overshoot. Akibatnya, pesawat menabrak landasan pacu di Bandara Internasional Cebu, Filipina, Minggu (23/10/2022) malam. 

Pada saat insiden terjadi, pesawat itu sedang membawa 173 penumpang. Beruntung, tidak ada korban luka dalam peristiwa itu. Melansir Reuters, Senin (24/10/2022), semua penumpang telah dievakuasi dengan selamat. Pesawat Airbus A330 itu terbang dari Seoul ke Cebu. 

Jet penumpang berbadan lebar itu sempat mencoba mendarat dua kali di tengah cuaca buruk. Namun, pada saat upaya pendaratan yang ketiga, pesawat itu mengalami overshoot atau mendarat dengan melebihi batas maksimal landasan pacu pada pukul 23.07 waktu setempat.

"Penumpang telah dievakusai ke tiga hotel setempat dan penerbangan alternatif sedang diatur,” ungkap Korean Air dalam pernyataannya, Senin (24/10/2022). Saat ini pihaknya tengah menyelidiki penyebab insiden tersebut.

Foto-foto yang belum diverifikasi dari tempat kejadian di media sosial menunjukkan ada kerusakan pada pesawat. Roda pendaratan tampaknya telah hancur. 

Bagian hidung dan badan bawah pesawat juga berantakan. Presiden Korean Air Kee Hong Woo mengeluarkan surat permintaan maaf terkait insiden penerbangan tersebut di situs web maskapai. 

Ia berjanji penyelidikan menyeluruh akan dilakukan dengan otoritas penerbangan setempat dan otoritas Korea untuk menentukan penyebabnya. "Kami tetap berkomitmen untuk berdiri di belakang janji kami untuk penerbangan yang aman dan akan melakukan yang terbaik untuk melembagakan langkah-langkah untuk mencegah terulangnya kembali,” ungkapnya. (tim redaksi)

#koreanairovershoot
#insidendibandaracebu
#pesawatkeluarlandasan
#bandarainternasionalcebufilipina
#pesawatruteseoulcebu
#koreanairlines
#airbus
#takadakorbanjiwa

Tidak ada komentar