Breaking News

Bakal Beroperasi Juni 2023, Berapa Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Ilustrasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang bakal segera beroperasi. Foto: net

WELFARE.id-Mulai dibangun sejak 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bakal rampung dan bisa mulai beroperasi digunakan masyarakat pada Juni 2023.

"Kita harapkan dengan kereta api cepat Jakarta-Bandung ini mobilitas orang dan barang bisa menjadi cepat dan meningkat, kemudian daya saing kita juga akan semakin kuat," kata Jokowi saat meninjau Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).

Jokowi juga berharap kereta cepat Jakarta-Bandung turut memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sepanjang jalur yang akan dilewati.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet sempat mengungkapkan soal harga tiket kereta cepat yang akan dikenakan tersebut.

Dia menyebut tiket kereta cepat Jakarta-Bandung berkisar Rp150 ribu-Rp350 ribu per orang.

"Jadi nanti untuk kapasitas 1 train ada 601 seat, terdiri dari 3 kelas, VIP, first class, dan second class. Tarif berkisar Sekitar Rp150 ribu-Rp350 ribu sesuai hasil study demand forecast UI," ucapnya belum lama ini. 

Dia juga mengatakan kalau permintaan penumpang nanti ketika kereta cepat beroperasi mencapai 31.215 penumpang per hari dan jika mengikuti feasibility study dimana asumsi balik modal dapat terjadi dalam kurun waktu 20-40 tahunan.

"Saat ini perhitungan FS masih belum final, kemarin sempat di angka 40 tahun, namun masih kita coba evaluasi agar kira-kira apakah ada lagi potensi revenue stream lagi atau strategi bisnis yang lain yang bisa membuat BEP (break even point) bisa lebih kecil dari 40 tahun," paparnya juga. 

Untuk diketahui, pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung kini telah mencapai 88,8 persen dari keseluruhan proyek yang sudah didanai dan dikerjakan oleh konsorsium asal Tiongkok (China) tersebut.

Pihak KCIC juga menyatakan bahwa konsorsium kontraktor kereta cepat Jakarta-Bandung telah berhasil menyelesaikan proses pemasangan rel yang akan digunakan untuk uji dinamis menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. (tim redaksi)

#keretacepat
#jakarta-bandung
#transportasipublik
#presidenjokowi
#selesai2023
#kttg20

Tidak ada komentar