Breaking News

Awas, Karbohidrat Rafinasi Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Nasih putih salah satu sumber karbohidrat rafinasi. Foto: net

WELFARE.id-Nasi memiliki kandungan gula yang tinggi, karena itu pengidap diabetes tipe 2 dan pradiabetes biasanya membatasi konsumsi karbohidrat. Namun, menurut studi, karbohidrat yang tinggi serat justru bisa menunjang penurunan risiko diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi di mana tubuh tak bisa menggunakan insulin secara efektif. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa lebih dari 95 persen kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2.

Penyakit ini biasanya mengenai orang dewasa, namun kasus diabetes tipe 2 pada anak tampak mengalami peningkatan belakangan ini. Peningkatan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2 sering kali disebabkan oleh kegemukan dan kurang berolahraga.

Oleh karena itu, pengaturan pola makan atau diet menjadi bagian penting dalam mengelola penyakit diabetes tipe 2. Selain penting dalam mengelola penyakit, pola makan juga bisa memengaruhi risiko seseorang terhadap diabetes tipe 2. 

Menurut Diabetes UK, jenis karbohidrat yang bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 adalah karbohidrat rafinasi.

"Mengonsumsi roti putih, nasi putih, dan sereal sarapan bergula yang dikenal sebagai karbohidrat rafinasi berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2," jelas Diabetes UK, seperti dilansir Express, Minggu (9/10/2022). (tim redaksi)

#kesehatan
#diabetestipe2
#pradiabetes
#kandungangula
#nasi
#karbohidratrafinasi

Tidak ada komentar