Breaking News

Akibat Kebocoran Gas, KLM Poster yang Angkut 1.260 Tabung Elpiji Meledak di Pelabuhan Bintaro

Bangkai KLM Poster usai meledak dan terbakar di area Pelabuhan Bintaro, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa (18/10/2022). Foto: Polres Sumenep

WELFARE.id-Insiden kebakaran kapal layar motor (KLM) terjadi Pelabuhan Bintaro, Sumenep, Jawa Timur. KLM Poster meledak di area Pelabuhan Bintaro atau sekitar 10 meter dari bibir pantai Desa Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Kapal itu membawa ribuan tabung elpiji 3 kilogram.  

”Ledakan terjadi diduga akibat ada kebocoran gas elpiji yang berada di kamar mesin kapal,” terang Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti, Rabu (19/10/2022). 

Dia juga menjelaskan, kapal tersebut hendak membawa 1.260 tabung elpiji 3 kilogram (kg) ke Kepulauan Raas, Kabupaten Sumenep, pada Selasa (18/10/2022) sekitar pukul 20.00 WIB.

Tak lama setelah itu, anak buah kapal (ABK) Mulyadi hendak menyalakan mesin kapal namun tiba-tiba ribuan tabung elpiji meledak seketika. Kejadian itu pun langsung dilaporkan warga kepada petugas kepolisian terdekat. 

”Terjadi saat ABK Kapal Poster hendak menghidupkan mesin kapal, tiba-tiba di kamar mesin meledak diduga akibat ada kebocoran dari gas elpiji," kata Widiarti. 

Akibatnya, Mulyadi yang juga ABK mengalami luka bakar hebat usai peristiwa tersebut. Ia kemudian dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapat perawatan medis.

”Atas kejadian tersebut, diperkirakan mengalami kerugian materi sebesar Rp80 juta," katanya juga. Kini, KLM Poster sudah dipindahkan dari pantai guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut. 

Pihak kepolisian sudah mengimbau kepada pemilik kapal untuk rutin melakukan pengecekan terhadap kapal atau barang yang hendak dibawa. 

”Sudah kita imbau begitu (rutin melakukan pengecekan) untuk menghindar kejadian serupa. Kasus ini masih kami selidiki," cetusnya. (tim redaksi)


#kapalterbakar
#pembawaelpiji
#gasmelon3kg
#pelabuhanbintaro
#kabupatensumenep
#jawatimur

Tidak ada komentar