Breaking News

7 Restoran Indonesia Ini Terkenal Lezat di Luar Negeri, Sampai Tercantum di Michelin Guide

Asinan menjadi salah satu menu andalan Restoran Indonesia Tambuah Mas di Singapura. Foto: Istimewa/ Instagram @tambuahmas

WELFARE.id-Lezatnya masakan Indonesia sudah menembus batas negara. Apalagi, sejumlah warga negara Indonesia yang tinggal menetap di luar negeri tak jarang membuka gerai restoran dengan menu khas Indonesia.

Rupanya, kelezatan beberapa restoran Indonesia yang ada di luar negeri juga diakui Michelin Guide. Michelin Guide kerap jadi acuan mencari tempat makan berkualitas.

Penilaian dari para inspektur yang paham soal menu masakan enak, tentunya juga menjamin restoran yang terpilih memiliki suasana dan pelayanan yang tak kalah istimewa. Nah, rupanya baru-baru ini ada 7 restoran Indonesia di luar negeri yang masuk daftar Michelin Guide:

1. Tambuah Mas-Singapura

Restoran Indonesia di Singapura Tambuah Mas, berhasil masuk Michelin Guide. Restoran ini berlokasi di dalam pusat perbelanjaan, Tanglin Shopping Centre.

Restoran ini sudah ada sejak 1981, sehingga memiliki sejarah yang panjang. Beberapa menu andalannya termasuk rendang, tahu telur, dan kepala ikan istimewa. Kisaran harga makan di restoran ini adalah SGD40 atau sekitar Rp423 ribu.

2. Cumi Bali-Singapura

Selain Tambuah Mas, ada juga Cumi Bali yang meraih predikat Bib Gourmand dari Michelin Guide Singapura 2022. Hal ini berarti restoran tersebut menawarkan pengalaman makan istimewa dengan konsep 'value for money'.

Dibandingkan dengan restoran lainnya dengan bintang Michelin Guide, harga makanan yang ditawarkan di Cumi Bali relatif terjangkau. Restoran di Singapura ini sudah ada sejak 1986 dengan nuansa tradisional yang kental dan interior yang dihiasi bambu. Kisaran harga bersantap di sini adalah SGD45 atau sekitar Rp476 ribu.

3. Sate House-Taipei

Restoran yang dimiliki seorang warga keturunan Tionghoa itu menyajikan makanan Nusantara. Berlokasi di 15 Leli Road, Da'an District, Taipei, restoran ini masuk ke dalam daftar Bib Gourmand Michelin Guide Taipei & Taichung. Untuk bersantap di sini, perlu merogoh kocek sekitar NTD1.000 atau sekitar Rp480 ribu.

4. Lucky Indonesia-Hong Kong

Sudah 30 tahun lebih restoran Lucky Indonesia memanjakan selera para pecinta makanan Indonesia di Hong Kong. Restoran ini dapat ditemukan di 46 Tung Ming Street.

Meski interiornya terkesan jadul, cita rasa menunya yang otentik membuat restoran ini ramai pengunjung. Selain sate, ada juga menu seperti nasi kuning dan bandeng goreng yang selalu menjadi incaran. Lucky Indonesia masuk Bib Gourmand Michelin Guide dengan harga bersantap sekitar HKD100 atau sekitar Rp188 ribu.

5. Blaur-Belanda

Restoran di Springweg 64, Utrecht, Belanda ini menyajikan makanan jajanan khas Indonesia. Salah satu menu yang dikenal termasuk kambing panggang. 

Menu lain yang ditawarkan termasuk soto ayam, iga bakar bumbu Padang, ikan asam padeh, hingga makanan penutup seperti onde-onde. Kisaran harga untuk bersantap di restoran ini sekitar 40-75 Euro atau sekitar Rp598 ribu atau lebih.

6. Wayan-Amerika Serikat

Restoran Wayan terletak di 20 Spring St, New York. Restoran ini dimiliki oleh chef C├ędric Vongerichte yang menghadirkan suasana eksotis dan asri. Dua menu yang menjadi andalan di restoran ini adalah crab cake dan iga babi bumbu asam kedelai.

7. Borneo Kalimantan Cuisine-Amerika Serikat

Restoran yang terletak di 9 S. Garfield Ave ini menyajikan makanan Indonesia dengan suasana yang nyaman. Pengunjung biasanya menyantap sate ayam, sup buntut kari, dan aneka olahan mi gaya Indonesia-Hakka. Kisaran harga untuk makan di sini sekitar USD25 atau sekitar Rp370 ribu. (tim redaksi)

#restoranindonesia
#michelinguide
#lezat
#menukhasindonesia
#makananindonesia
#jajanankhasindonesia

Tidak ada komentar