Breaking News

5 Tips Aman Menonton Bola di Stadion

Menonton pertandingan sepakbola. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Menonton pertandingan sepakbola di stadion langsung memang memiliki "vibe" yang berbeda dibanding nonton di televisi. Atmosfer pertandingan dan semangat suporter menjadikan pertandingan sepakbola menjadi lebih hidup. 

Namun, keamanan penonton sepakbola menjadi taruhannya saat menonton langsung di stadion. Seringkali, ada letupan-letupan emosi ketika tim kesayangan kalah.

Terbaru, insiden di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya membuat stadion seperti tempat menakutkan dan tidak aman bagi penonton. Tapi, bukan berarti kamu lantas takut menjajal nonton sepakbola di stadion.

Ada beberapa tips aman yang bisa kamu lakukan, saat menonton sepakbola langsung di lapangan:

1. Perhatikan waktu pertandingan

Pertandingan sepakbola biasanya terbagi ke dalam beberapa waktu. Ada pertandingan yang digelar sore hari dan ada juga malam hari. 

Pertandingan-pertandingan ‘panas’ biasanya digelar di malam hari saat primetime tayangan televisi. Oleh sebab itu, waktu pertandingan bisa jadi pertimbangan pertama, terutama jika kamu berencana untuk datang bersama keluarga atau anak-anak.

2. Beli tiket sebelum hari pertandingan

Penjualan tiket biasanya dibuka beberapa hari sebelum pertandingan dan bisa dibeli serta didapat secara langsung. Namun beberapa tim memiliki kebijakan bagi penonton untuk menukar kuitansi tiket di hari pertandingan berlangsung. 

Untuk itu, perhatikan syarat pembelian tiket dan bagaimana metode penukarannya. Akan lebih baik jika kamu dapat melakukannya sebelum hari pertandingan berlangsung.  Apalagi beberapa tim memiliki suporter yang selalu memenuhi stadion sehingga tidak jarang tiket sudah habis bahkan sebelum hari H.

3. Perhatikan level pertandingan

Rivalitas antar suporter di Indonesia memang sangat beragam. Beberapa kelompok tidak memiliki masalah dan malah akrab dengan satu sama lain sehingga menjadikan pertandingan sangat terbuka bagi siapapun yang hendak hadir. 

Namun, beberapa pertandingan memiliki rivalitas yang cukup panas, sehingga tidak jarang membuat suasana jadi kurang ramah bagi kamu yang ingin datang ke stadion untuk sekadar rekreasi.

4. Perhatikan stadion

Tidak semua stadion terletak di pusat kota. Beberapa stadion seperti Gelora Bandung Lautan Api atau Gelora Bung Tomo terletak sedikit jauh dari pusat kota. 

Jika kamu kurang akrab dengan situasi jalan menuju stadion, mintalah orang yang sudah fasih untuk menemani. Terutama jika kamu berasal dari luar kota. Tidak semua stadion dan pertandingan ramah bagi penonton yang datang untuk sekadar piknik.

5. Pilih kenyamanan atau atmosfer

Menonton pertandingan sepakbola secara langsung di stadion memang memberikan pengalaman unik tersendiri. Keunikan tersebut bisa hadir dari kenyamanan saat menonton pertandingan seru, atau justru atmosfer suporter di stadion yang membuatnya semakin menarik. 

Tapi, jika kamu lebih memilih faktor keamanan, disarankan untuk menonton sepakbola lewat televisi saja. Sebab, akan lebih aman dan tetap seru juga kok. (tim redaksi)

#sepakbola
#menontonsepakbola
#tipsmenontonsepakbolayangaman
#atmosferpertandingan
#lapangansepakbola
#suporter
#stadion

Tidak ada komentar