Breaking News

5 Startup Ini Pernah Berjaya, Tapi Bangkrut Kalah Bersaing dan Dihajar Pandemi COVID-19

Airy Rooms. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Ada sederet nama startup Indonesia yang mengalami kebangkrutan dan bahkan terpaksa harus tutup alias gulung tikar. Pandemi COVID-19 dan perlambatan ekonomi membuat startup yang kurang inovatif perlahan akan runtuh.

Mereka datang dari nama-nama terkenal yang layanannya kerap digunakan. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengatakan, kegagalan startup terletak pada faktor manajerial. 

Salah satunya terkait kurang pengalaman dan visi jelas dari para pendirinya. Berdasarkan laporan Failory, Dedy mengatakan alasan lainnya adalah startup kurang fokus saat menjalankan bisnisnya.

"Selain itu, menurut laporan dari CB Insights dua alasan utama startup mengalami kegagalan adalah karena kehabisan dana (ran out of cash) dan tidak adanya kebutuhan pasar (no market need)," imbuhnya.

Berikut ini startup RI yang bangkrut dan tutup di tengah jalan:

1. Qlapa

Tutupnya Qlapa berbeda dengan dua startup sebelumnya, sebab tidak terkait pandemi. Ditutup pada 2019, perusahaan ini tidak mampu bersaing bersaing dengan e-commerce lain seperti Tokopedia dan Bukalapak Cs.

"Hampir 4 tahun yang lalu, kami memulai Qlapa dengan misi memberdayakan perajin lokal. Banyak pasang surut yang kami alami dalam perjalanan yang luar biasa ini. Kami sangat berterima kasih atas semua tanggapan positif dari para penjual, pelanggan, dan media. Dukungan yang kami terima sangat luar biasa dan membesarkan hati," tulis manajemen Qlapa merilis pernyataan di situs resminya.

2. Airy Rooms

Airy Rooms resmi menghentikan operasional tanggal 31 Mei 2020. Penyebabnya adalah adanya keadaan yang berbeda dari sebelum pandemi.

Bisnis hotel aggregator sempat naik daun sebelum pandemi COVID-19 merebak. Para perusahaan bekerja sama dengan pemilik properti dari hotel hingga motel kecil dalam rangka menawarkan tempat menginap seperti yang ditawarkan platform online.

CEO Airy Rooms Indonesia Louis Alfonso Kodoatie mengatakan, alasan di balik keputusan menutup bisnisnya karena mempertimbangkan banyak hal. Termasuk keadaan pasar yang nyaris tumbang akibat pandemi COVID-19.

3. Sorabel

Sorabel resmi tutup pada 30 Juli 2020 lalu. Surat pemimpin kepada karyawannya, menyatakan startup e-commerce itu telah melakukan usaha terbaik untuk menyelamatkan perusahaan. 

Namun dengan berat hati harus menempuh jalur likuidasi. "Oleh karena proses likuidasi yang ditempuh, hubungan kerja harus berakhir di tahap ini untuk semua orang tanpa terkecuali, tepatnya efektif di tanggal 30 Juli 2020. Saya yakin tidak ada satunya pun orang yang berharap hal ini untuk terjadi," tulis surat tersebut.

Kabarnya, Sorabel harus berhenti beroperasi karena kehabisan modal dan kesulitan menggalang pendanaan baru di tengah pandemi.

4. Fabelio

Fabelio, startup desain furnitur dan interior, dinyatakan pailit. Hal ini diketahui dari pengumuman di surat kabar berdasarkan putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No.47/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN.Niaga.JKT.PST, tertanggal 5 Oktober 2022, yang mengabulkan putusan pailit terhadap PT. Kayu Raya Indonesia atau Fabelio.

Sementara itu, akhir tahun lalu, Fabelo dikabarkan tidak membayar tunggakan gaji karyawan sejak Oktober lalu. Perusahaan juga dituding belum membayar BPJS Ketenagakerjaan karyawan sejak 2020 namun tetap memotong dana dari gaji mereka dan memaksa pegawai mengundurkan diri dengan menggunakan anggota organisasi massa tertentu.

5. Stoqo

Stoqo juga menutup layanannya pada 2020. Startup ini menjalankan usaha business to business, yang bekerja untuk memasok bahan makanan segar seperti cabai, telur hingga ampas kopi ke gerai makanan, atau restoran.

Pandemi yang merusak bisnis itu. Per tanggal 22 April 2020 jadi hari terakhir Stoqo berakhir. 

Sehari sebelumnya, manajemen telah mengumpulkan karyawan yang mengabarkan penghentian operasional Stoqo. Sekitar 250 orang dipekerjakan sejak Stoqo berdiri. 

Startup ini juga didanai sejumlah investor termasuk Alpha JWC Ventures, Mitra Accel, Insignia Ventures Partners, dan Monk's Hill Ventures. (tim redaksi)

#startupbangkrut
#gulungtikar
#startuptutup
#berhentioperasional
#phkkaryawan
#kurangpendanaan
#efekpandemicovid19
#startup

Tidak ada komentar