Breaking News

28 Pekerja Tewas dan Puluhan Lainnya Masih Terperangkap Akibat Ledakan Tambang Batu Bara di Turki

Lokasi tambang batu bara di Amasra, Bartin, Turki setelah kejadian ledakan tampak dipenuhi belasan kendaraan penyelamat.
Foto : Twitter

WELFARE.id - Sebuah ledakan terjadi di dalam tambang batu bara di Turki Utara menewaskan sedikitnya 28 pekerja tambang. Ledakan tersebut terjadi di kota Laut Hitam Amasra di provinsi Bartin pada hari Jumat (14/10/2022), mengakibatkan puluhan pekerja lainnya terjebak. Sebelas pekerja yang selamat namun terluka berhasil dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan kata kantor berita negara Anadolu mengutip pernyataan Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu.


Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki Fatih Donmez mengatakan bahwa terjadi kebakaran setelah ledakan, sebagian besar kebakaran tersebut sudah dapat dikendalikan. 

Tim penyelamat bekerja sepanjang malam menyelamatkan pekerja tambang, diperkirakan jumlah korban tewas akan meningkat. Rekaman video yang beredar dari tempat kejadian menunjukkan para penambang muncul dengan mata hitam dan berkabut. 

Ada 110 pekerja di dalam tambang saat ledakan terjadi kata Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, yang langsung meninjau lokasi di Amasra untuk memimpin operasi pencarian dan penyelamatan.

"Kami melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa yang terluka pulih sesegera mungkin," kata Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca kepada wartawan.

Sebagai catatan, bencana penambangan batu bara paling mematikan pernah terjadi di Turki pada tahun 2014, saat itu 301 orang tewas setelah ledakan di Kota Barat Soma. Bencana memicu kemarahan dan ketidakpuasan publik terhadap respons pemerintah terhadap tragedi tersebut. (Tim Redaksi)

Tidak ada komentar