Breaking News

146 Orang Tewas Akibat Berdesakan saat Rayakan Halloween di Itaewon, Korea Selatan

Suasana mencekam di Itaewon (twitter) 

WELFARE.id-Antusiasme merayakan Halloween berujung maut. Setidaknya 146 orang dilaporkan tewas akibat berdesakan ketika merayakan Halloween di kawasan Itaewon, Korea Selatan, pada Sabtu (29/10/2022) malam. 

Kebanyakan dari mereka tewas merupakan remaja, yang terinjak-injak akibat saking banyaknya orang. Pejabat Departemen Pemadam Kebakaran, Choi Seong Bom mengatakan, jumlah korban kemungkinan masih dapat bertambah. 

Karena ada ratusan lainnya yang harus mendapat bantuan napas buatan akibat sesak karena berdesakan dan terinjak. "Korban jiwa begitu banyak karena banyak yang terinjak-injak ketika acara Halloween," ujar Bom, sebagaimana dilansir AFP, Minggu (30/10/2022). 

Choi Cheon-sik, pejabat dari badan pemadam kebakaran nasional Korsel mengatakan, pihaknya telah menurunkan 800 orang petugas dari seluruh negeri untuk mengevakuasi para korban.  

Saat ini, pihak berwenang sedang terus berupaya menyelamatkan para pengunjung acara Halloween di Itaewon tersebut. Menurutnya, lebih dari 140 ambulans sudah dikerahkan untuk membantu korban. 

Sejumlah video yang beredar di media sosial menunjukkan warga bahu membahu memberikan pertolongan pertama kepada korban. Tim penyelamat juga sibuk mondar-mandir menyelamatkan korban. 

Di video lain, terlihat polisi berjaket kuning langsung membatasi lokasi agar petugas dapat leluasa bergerak menyelamatkan para korban. 

Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol, langsung memerintahkan tim medis gawat darurat untuk segera meluncur ke lokasi kejadian 

Ia juga menegaskan, semua tempat tidur di rumah sakit harus disiapkan untuk korban insiden ini. Menurutnya, persiapan tempat tidur di rumah sakit itu penting untuk meminimalkan potensi kematian. 

Sementara itu, Wali Kota Seoul, Oh Se Hoon, langsung pulang dari kunjungannya ke Eropa tak lama setelah mendengar kabar mengenai insiden ini. 

Salah seorang korban selamat seperti dikutip dari Hani.co.kr menceritakan momen mengerikan yang terjadi di kawasan Itaewon pada perayaan Halloween tersebut.  

"Saya didorong dan terus didorong dari arah belakang. Kemudian saya terjatuh, satu dua orang lainnya juga terjatuh. Saya mendengar jerit minta tolong dan meminta bantuan. Saya melihat orang-orang berjatuhan dan tidak bisa bernafas," kata salah seorang korban selamat.  

Korban selamat itu menambahkan bahwa ia berada di kumpulan massa yang saling berdesakan sekitar pukul 10:30 waktu setempat dan baru berhasil diselamatkan pada pukul 12 malam. "Kaki ku mati rasa," ungkapnya.  

Sementara korban selamat lainnya, Kim, 20, mengatakan, apa yang terjadi di Itaewon merupakan mimpi buruk Halloween yang ia rasakan. Saat itu, jelasnya, di kawasan Itaewon yang memiliki gang kecil tersebut dihadiri oleh banyak orang.  "Ada terlalu banyak orang. Saya didorong oleh orang-orang dan kaki saya terpeleset hingga menekuk lutut saya," katanya. 

"Semua orang tidak bisa bergerak saat itu. Semua saling mendorong dan kepanikan membuat semuanya terasa seperti mimpi yang sangat buruk," lanjutnya. 

Lee Chang-gyu, salah seorang saksi mata lainnya mengatakan bahwa gang sempat di kawasan Itaewon membuat semua orang tak bisa berbuat banyak saat massa semakin membludak. (tim redaksi) 

#itaewon
#halloween
#halloweendiitaewon
#haloweenmautdiitaewon
#korea
#nightmareinitaewon
#tragediitaewon

Tidak ada komentar