Breaking News

Waspada! BPOM Temukan 11 Merek Produk Vitamin C Injeksi Ilegal

Ilustrasi penyuntikan vitamin C injeksi ilegal. Foto: net

WELFARE.id-Vitamin C injeksi kini disukai masyarakat perkotaan terutama kaum hawa. Lantaran, vitamin C injeksi ini diklaim bisa mencerahkan dan memutihkan kulit. 

Penggunaan vitamin C injeksi tidak dilarang tapi harus sesuai rekomendasi dokter. Tapi, saat ini masih ditemukan peredaran vitamin C injeksi ilegal atau tanpa izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Padahal, vitamin C injeksi tergolong dalam obat keras. Itu kenapa pemanfaatannya harus di bawah pengawasan dokter. 

"Vitamin C injeksi termasuk golongan obat keras, jadi penggunaannya harus pakai resep dokter dan diaplikasikan oleh tenaga kesehatan," ungkap BPOM dalam keterangan resminya, Kamis (22/9/2022). 

Tapi parahnya, banyak orang yang asal suntik vitamin C di tempat sembarangan. Bahkan, menurut laporan terbaru, BPOM telah menyita 11 produk vitamin C injeksi ilegal yang beredar di masyarakat.


Dalam keterangan resminya, BPOM menjelaskan apa saja bahaya penggunaan vitamin C injeksi ilegal tersebut. 

Pertama yang mungkin dialami pengguna adalah tidak ada jaminan khasiat, keamanan, dan mutu produk sehingga klaim yang ditawarkan produk tidak bisa dibenarkan keasliannya. 

Karena itu juga, vitamin C injeksi ilegal dapat meningkatkan risiko timbulnya efek samping obat. Bahkan, penggunaan vitamin C injeksi ilegal dapat meningkatkan risiko timbulnya infeksi apabila suntikan vitamin C injeksi tidak dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berwenang.

Karena itu, BPOM mengimbau kepada masyarakat untuk bijak menggunakan vitamin C injeksi. Jika memang dirasa perlu menerima vitamin C injeksi, gunakan sesuai indikasi yang disetujui dan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berwenang. 

”Waspada dengan klaim iklan yang berlebihan. Pastikan juga untuk membeli vitamin C injeksi pada sarana pelayanan kesehatan yang memiliki izin, tidak membelinya secara online, karena vitamin C injeksi wajib dibeli dengan resep dokter," tulis BPOM juga.

Berikut daftar merek produk vitamin C injeksi ilegal: 

1. Bionic White Skin 
2. Neutro Skin 
3. Vitamin C + Kollagen (Rodotex) 
4. V-C Injection
5. Vitamin C Daehan New Pharm 
6. White C 
7. Glutax 
8. Aqua Skin Veniscy 
9. Bio Rae Complexion 12 
10. RNA+EGF 
11. Miracle White. (tim redaksi)


#bpom
#obatilegal
#vitamincinjeksi
#resepdokter
#tenagakesehatan
#memutihkankulit

Tidak ada komentar