Breaking News

Wapres Argentina Selamat dari Upaya Pembunuhan

Wapres Argentina, Cristina Fernandez de Kirchner yang lolos dari upaya pembunuhan. Foto: AFP

WELFARE.id-Nasib baik masih menaungi Wakil Presiden (Wapres) Argentina, Cristina Fernandez de Kirchner. Dia selamat dari upaya pembunuhan, meski pistol diarahkan ke wajahnya dari jarak sangat dekat.

Kirchner bisa selamat dari upaya pembunuhan tersebut setelah pistol yang membidik kepalanya dan diacungkan hanya beberapa sentimeter dari wajahnya  tidak meletus.

Pelaku percobaan pembunuhan tersebut pun berhasil ditangkap oleh petugas keamanan yang mengawal Kirchner.
 
Insiden tersebut terjadi saat wapres wanita itu tengah menemui pendukungnya di luar rumahnya di Recoleta, Buenos Aires, Kamis (1/9/2022) pukul 9 malam waktu setempat.

”Seseorang mengarahkan senjata ke wajahnya dan menekan pelatuknya,” ujar Presiden Argentina Alberto Fernandez dikutip dari The Guardian. Tapi pembunuhan itu gagal karena pistol tidak Meletus. 

”Cristina saat ini masih hidup, karena untuk alasan yang belum bisa dikonfirmasikan, senjata itu tak meletus,” ujarnya juga.

Fernandez melanjutkan bahwa pelaku memiliki lima peluru dalam pistolnya, namun tak ada satu pun yang keluar. Fernandez juga mengatakan, insiden ini merupakan yang paling serius setelah demokrasi dikembalikan ke Argentina pada 1983.

Ia pun meminta pemimpin politik dan masyarakat luas agar mengutuk keras insiden tersebut. Sementara itu, surat kabar Argentina Clarin melaporkan, pelaku adalah pria berusia 35 tahun asal Brasil, yang tinggal di Argentina sejak 1993.

Pelaku tersebut berhasil ditangkap secepatnya di lokasi kejadian. Situasi dramatis itu berhasil terekam oleh kamera TV yang berada di luar rumah Kirchner.

Saat itu, para pendukung Kirchner berkumpul selama beberapa hari untuk protes terhadap dakwaan korupsi yang dituduhkan kepadanya oleh pengadilan.

Pada rekaman itu terlihat seseorang mendorong seorang pendukung Kirchner, dan mengarahkan senjata ke muka wapres tersebut. Ia mencoba untuk menembakkan pistolnya, namun tak berhasil meletus.

Beberapa laporan mengatakan pria itu hanya mengarahkan pistol ke Kirchner, tetapi tidak menembakkannya.

Untuk diketahui, Kirchner sempat menjadi Presiden Argentina pada 2007-2015, terlihat bereaksi dengan menutup wajahnya dan kemudian merunduk saat melihat moncong pistol di dekat wajahnya.

Perempuan berusia 69 tahun tersebut pun dilaporkan tak mengalami cedera apa pun atas insiden itu.

Sedangkan Menteri Keamanan Argentina Anibal Fernandez mengonfirmasikan, satu orang telah ditahan atas insiden itu

Presiden Fernandez pun mendeklarasikan hari Jumat itu sebagai hari libur nasional, demi memberikan rakyat waktu untuk mengekspresikan diri untuk mempertahankan kehidupan, demokrasi dan solidaritas terhadap Wapres Kirchner. (tim redaksi)


#argentina
#upayapembunuhan
#cristinafernandezdekirchner
#pembunuhangagal
#kasuskorupsi
#wapreswanita

Tidak ada komentar