Breaking News

Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2023, Film "Ngeri Ngeri Sedap" Masuk Kategori Film Fitur Internasional

Poster dan potongan adegan dalam film "Ngeri Ngeri Sedap" yang menjadi wakil Indonesia di ajang Piala Oscar 2023. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kita patut berbangga pada kreasi sineas Tanah Air. Film Indonesia kini makin diakui dunia internasional.

Bukan hanya karena penggarapannya yang serius, tapi juga karena pemilihan cerita yang unik dan menarik. Film karya Sutradara Bene Dion, berjudul "Ngeri-Ngeri Sedap" terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang Piala Oscar 2023 atau Academy Awards ke-95. 

Film ini akan mewakili Indonesia dalam kategori "The International Feature Film Award" atau Penghargaan Film Fitur Internasional. "Ngeri-Ngeri Sedap" dipilih langsung oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022. 

Ajang Piala Oscar 2023 rencananya akan digelar tahun depan, pada 12 Maret 2023. Masuknya film yang dibintangi Arswendi Bening Swara dan Tika Panggabean ini berdasarkan putusan Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 beranggotakan 9 tokoh ahli dalam bidang perfilman serta wartawan/ kritikus film. Komite diketuai oleh aktor legendaris Indonesia, Deddy Mizwar, sekretaris Zairin Zain, dan beranggotakan Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Saat pemilihan ada dua anggota yang absen yaitu Garin Nugroho dan Yadi Sugandi. Sementara, tujuh orang lainnya memutuskan memilih film "Ngeri-Ngeri Sedap" untuk mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar.

Menurut Deddy Mizwar, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti Piala Oscar. Syarat itu diantaranya, sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut, dan banyak persyaratan teknis lainnya. Komite yang dipimpinnya bekerja dengan deadline waktu sebulan, termasuk untuk penetapan film pilihan komite.

"Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscar Indonesia. Selebihnya, mari kita mendoakan bersama semoga tahun depan, film itu bisa berjaya di ajang Oscar," ujar Deddy, dikutip Rabu (14/9/2022).

Sinopsis cerita

Alur film menceritakan tentang keluarga Pak Domu yang diperankan Arswendi Bening Swara dan Mak Domu yang diperankan Tika Panggabean. Mereka tinggal bersama anak perempuan mereka Sarma diperankan Gita Bhebita.

Mereka menginginkan, ketiga anak mereka yang lain, Domu diperankan Boris Bokir, Gabe diperankan Lolox, dan Sahat yang diperankan Indra Jegel yang sudah lama merantau pulang untuk menghadiri acara adat. Tetapi mereka menolak pulang karena hubungan mereka tidak harmonis dengan Pak Domu. 

Pak Domu dan Mak Domu akhirnya berpura-pura bertengkar dan ingin bercerai demi mendapatkan perhatian dari anak-anaknya. Film mengangkat budaya Batak dengan cara jenaka namun sarat makna. (tim redaksi)

#filmindonesia
#sineasindonesia
#filmngeringerisedap
#berlatarbudayabatak
#wakilindonesiadiajangoscar2023
#terpilihmewakiliindonesia
#kategorifilminternasional
#academyawardske95
#oscar2023

Tidak ada komentar