Breaking News

Viral Jenazah Diantar Perangkat Desa, Ini Faktanya!

Tangkapan layar video viral perangkat desa gotong keranda di Kediri, Jawa Timur 

WELFARE.id-Video jenazah diantar oleh perangkat desa baru-baru ini viral di media sosial (medsos). Dalam video singkat itu dinarasikan tak ada tetangga yang mengantar jenazah tersebut sehingga perangkat desa harus turun tangan. Video tersebut dinarasikan seperti di sinetron azab. 

Terlihat dalam rekaman video viral, jenazah tersebut diantar oleh beberapa perangkat desa ke pemakaman, sepi dari iring-iringan rombongan. 

Namun nyatanya, kabar meninggalnya jenazah tersebut sudah diumumkan. Sekretaris Desa Kedak menjelaskan, warga yang meninggal dunia merupakan salah satu warga lingkungan RT 01 RW 01 Desa Kedak. Ia mengatakan, saat ada warga Desa Kedak yang meninggal dunia, baik pada jam kerja maupun malam hari. Para perangkat desa ikut mengangkat dan mengantar keranda jenazah ke pemakaman. 

Dalam video yang beredar luas di media sosial, tampak hanya ada beberapa orang yang terlihat mengantar jenazah lantaran mayoritas warga masih bekerja. Namun, saat tiba di pemakaman sudah banyak warga yang menunggu untuk membantu mengubur jenazah. 

Salah satu warga Desa Kedak mengungkapkan, semasa hidupnya almarhum memiliki kelainan mental. Sementara itu, sebagian besar keluarganya sudah meninggal, hanya tersisa satu kakak kandung perempuan yang juga memiliki kelainan mental. 

Baik almarhum maupun sang kakak tidak memiliki keturunan. "Almarhum dan kakaknya sampai saat ini belum menikah sehingga tidak memiliki keturunan," kata warga yang tidak ingin disebutkan namanya. 

Karena video yang viral tak sesuai dengan kenyataan, Kepala Desa Kedak, Kediri, Sunarti pun angkat bicara. Dia meluruskan fakta terkait video viral tersebut. "Bahwa keluarga di sini kekurangan baik mental maupun ekonomi sehingga kami tahu persis langkah apa yang harus kami lakukan," kata Sunarti, dikutip Jumat (23/9/2022). 

Dia mengatakan, pihaknya langsung mengambil langkah-langkah untuk menguburkan jenazah tersebut lantaran mengetahui bahwa tetangga sekitar jenazah tersebut banyak ibu-ibu dan para laki-lakinya banyak yang bekerja. 

"Tidak ada yang ikut serta warga yang mengantar jenazah mmnang satu kondisinya sedang kerja dan kebanyakan ibu-ibu. Artinya jandalah, banyak yang janda. Sehingga kami langsung ambil tindakan pemakamam," imbuhnya. 

Dia memastikan bahwa banyak warga yang bertakziah ke rumah duka pada sore harinya. Sementara, tetangga laki-lakinya berada di pemakaman untuk menggali kubur. "Ada (datang ke rumah duka) cuma ibu-ibu dan bapaknya gali makam. Bahkan sore hari ada banyak yang takziah," pungkasnya. (tim redaksi) 

#viral
#videoviral
#jenazahdiantarperangkatdesa
#desakedak
#kediri
#jawatimur

Tidak ada komentar