Breaking News

Video Tak Hafal Pancasila Viral, Ketua DPRD Lumajang Mundur

Ketua DPRD Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin (net) 

WELFARE.id-Video Ketua DPRD Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin tak hafal sila ke-4 Pancasila viral di media sosial. Mengutip media sosial TikTok akun @Wartabromo, Selasa (13/9/2022), dalam tayangan tersebut nampak Anang sedang berdiri dihadapan massa aksi dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). 

Dalam video tersebut, terlihat bahwa Anang sedang melafalkan butir per butir Pancasila yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa. Nampak sesorang mengabadikan momen tersebut dari arah depan Anang. 

Tak ada yang aneh saat Anang menyebutkan satu per satu butir sila tersebut. Namun tepat pada sila keempat, Ketua DPRD Lumajang itu salah mengucapkan kalimatnya 

Anang bahkan mencoba melafalkan Pancasila untuk kedua kalinya. Sayangnya, ia tetap tidak mampu menyelesaikan bunyi sila keempat itu. "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan dan permusyawaratan," ucap Anang. 

Sontak mahasiswa tersebut pun pada memrotesnya. "Hu salah, salah," teriak mahasiswa tersebut. 

Menanggapi hal itu , Anang sempat tersenyum tipis. 

Lima hari setelah kejadian itu, Senin (12/9/2022), Anang memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lumajang. "Dalam kesempatan yang berbahagia ini, dalam paripurna DPRD, dalam ruangan yang terhormat ini, dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim saya dengan hati yang sangat menyesal mengundurkan diri dari Ketua DPRD Kabupaten Lumajang," ucap Anang melalui sebuah video. 

Anang melanjutkan, keputusan itu dibuat untuk menjaga muruah DPRD Kabupaten Lumajang. Dia berharap kejadian ini menjadi pembelajaran bagi siapapun yang berstatus sebagai pemimpin. "Untuk menjaga marwah DPRD kabupaten Lumajang, untuk menjaga dan menjadikan ini pembelajaran bagi kita semua siapapun pemimpin di negeri ini," katanya. 

Namun delapan fraksi di DPRD Lumajang menolak pengunduran diri Anang. Delapan fraksi tersebut ialah Fraksi PKB, PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, PPP, Demokrat, NasDem-PAN, hingga Golkar-Hanura. Sebelumnya, Anang tak hafal Pancasila saat menemui puluhan mahasiswa yang melakukan aksi demo penolakan kenaikan harga BBM di gedung DPRD Lumajang. "Ada delapan fraksi yang menolak pengunduran diri Bapak Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, suratnya sudah kami terima," ujar Sekretaris DPRD Lumajang Mahfud 

Alasan pengunduran diri tersebut ditolak karena Anang merupakan figur pemimpin yang baik. Selain itu, Anang dinilai menghormati semua pihak dan mampu menjalin komunikasi serta hubungan baik dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang. 

"Kami bersama fraksi yang lainnya menolak pengunduran diri Bapak Anang sebagai Ketua DPRD karena beliau figur yang baik, menghormati semua pihak, komunikatif dengan anggota, serta bisa menjalin komunikasi yang baik dengan Pemkab Lumajang," ujar Ketua Fraksi NasDem-PAN Nur Hidayati. 

Meski menolak pengunduran diri Anang sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, delapan fraksi di DPRD menyerahkan persoalan ini sepenuhnya ke PKB sebagai partai yang menaungi Anang. (tim redaksi) 

#pancasila
#viral
#dprdlumajang
#ketuadpdrdlumajang
#ketuadprdlumajangtakhafalpancasila
#takhafalpancasilaketudprdlumajangmundur

Tidak ada komentar