Breaking News

Uniknya Pasar Ngada di NTT, Transaksi Dagangnya Pakai Koin Bambu!

Festival Wolobobo 2022 di hutan bambu, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Foto: Istimewa/ Antara

WELFARE.id-Festival Wolobobo 2022 menghadirkan pasar unik di hutan bambu. Di pasar ini, transaksi dilakukan menggunakan koin bambu yang disiapkan pengelola pasar. 

Namanya Pasar Napu Bheto, terletak di hutan bambu, Desa Radabata, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Head of Program Yayasan Bambu Lestari Nurul Firmansyah mengatakan, pasar ini unik karena sistem transaksi antara penjual dan pembeli tidak menggunakan uang rupiah, melainkan menggunakan koin bambu yang disiapkan Yayasan Bambu Lestari. 

Koin ini disiapkan pengelola pasar di pintu gerbang. Para pengunjung pasar langsung menukar koin bambu ini. 

Masing-masing koin dihargai dua ribu rupiah. Di dalam pasar banyak tersedia lapak makanan khas Kabupaten Ngada dan berbagai kerajinan dari bambu. 

Selain itu, disiapkan juga pertunjukan tarian adat Kabupaten Ngada, serta permainan anak yang terbuat dari bambu. Pemerintah Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur mengoptimalkan pemanfaatan potensi bambu lewat keberadaan Pasar Bambu Turetogo dalam Pekan Bambu Ngada Wolobobo Ngada Festival 2022.

"Pasar bambu ini mengangkat konsep ekologis untuk pemanfaatan bambu dengan transaksi menggunakan koin bambu," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada Oktavianus Botha Djawa di Pasar Bambu Turetogo, Bajawa, dikutip Selasa (20/9/2022). 

Ia menjelaskan, Pasar Bambu menjadi sarana untuk membuka wawasan masyarakat lokal bahwa potensi daerah bisa diolah dan dikemas menjadi suatu destinasi baru jika memiliki manajemen yang baik.

Ia menilai, penggunaan koin bambu membuat transaksi lebih terkontrol dan manfaat lebih merata. Ada beberapa pilihan produk baik olahan bambu, hasil bumi, hingga kuliner.

Project Coordinator Yayasan Bambu Lestari di Ngada Paskalis Lalu mengatakan, Pasar Bambu merupakan pasar rakyat dengan pendekatan harga yang terjangkau. Mereka menyiapkan 2.500 koin untuk dipakai setiap hari.

Ke depan, pasar ini akan terus dipertahankan sebagai ruang publik tempat warga bertukar pikiran tentang pengembangan bambu. (tim redaksi)

#pasarnapubetho
#pasarngada
#transaksikoinbambu
#pasarrakyat
#festivalwolobobo2022
#nusatenggaratimur

Tidak ada komentar