Breaking News

Tunjangan Guru Honorer Tak Dihapus, Sri Mulyani: 2023 Kami Alokasikan untuk 556 Ribu Guru

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kabar baik bagi guru ASN maupun honorer. Pasalnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan kalau guru akan tetap mendapat tunjangan tahun depan. 

Namun, jumlah dana pasti yang disediakan belum ia rinci. Tapi menurutnya dana untuk tunjangan profesi guru dialokasikan dalam anggaran pendidikan 2023  jumlahnya Rp608,3 triliun atau 20 persen dari belanja tahun depan.

"Tunjangan profesi guru non PNS akan tetap disediakan. Sasarannya 556,9 ribu guru ASN dan non ASN yang mendapatkan tunjangan profesi guru," ujarnya dalam ruang rapat Badan Anggaran DPR RI, Selasa (30/8/2022).

Selain tunjangan honorer, pemerintah bakal melanjutkan pemberian bantuan bagi pelajar hingga mahasiswa tidak mampu. Tahun depan, Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah masing-masing bakal menyasar 20,1 juta siswa dan 976,8 ribu mahasiswa.

Pemerintah juga bakal tetap melanjutkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) melalui Transfer ke Daerah (TKD) yang anggarannya mencapai Rp305 triliun.

"TKD Rp305 triliun dari pendidikan untuk membiayai operasional sekolah 44,2 juta siswa dan BOS PAUD untuk 6,1 juta peserta didik," jelas Sri Mulyani juga.

Selanjutnya, pemerintah juga bakal menyediakan anggaran sebesar Rp69,5 triliun untuk dana abadi pendidikan, riset, perguruan tinggi dan kebudayaan.
"Ini kita berikan dan alokasikan sebagai dana cadangan melalui pos pembiayaan Rp69,5 triliun," tandasnya juga. (tim redaksi)


#pendidikan
#danatunjanganguru
#guruasn
#guruhonorer
#menterikeuangan
#srimulyani

Tidak ada komentar