Breaking News

Terdata di Sipol KPU, Enam Kades di Kabupaten Tangerang Mundur dari Parpol

Ilustrasi Sipol KPU. Foto: net

WELFARE.id-Setelah heboh namanya terdaftar dalam kepengurusan partai politik (parpol) dalam Sistem Informasi Politik (Sipol) KPU, akhirnya enam kepala desa (kades) di Kabupaten Tangerang mengundurkan diri dari keanggotaan partai. 

Bahkan, enam kades itu sudah mengirimkan bukti pengunduran diri dari keanggotaan dan pengurus partainya serta membuat surat pernyataan tidak aktif di parpol lalu mengirimkan surat itu kepada KPU Kabupaten Tangerang. 

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal Abidin mengaku telah menerima surat pengunduran diri kades yang terdaftar sebagai anggota partai politik. Enam kades tersebut menyatakan mundur dari parpolnya masing-masing.

"Sudah (terima), semuanya sudah mengundurkan diri dari keanggotaan atau pengurus parpol," terang Ali, Minggu (4/9/2022).

Adapun enam kades yang jadi anggota dan pengurus parpol itu adalah Kades Merak, Kades Talok, Kades Cikasungka, Kades Karanganyar, Kades Pondok Jaya, dan Kades Tapos. 

Sedangkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Dadan Gandana mengungkapkan ada enam kades yang terdaftar sebagai pengurus parpol. 

Dadan menyebut 6 kades tersebut sudah dimintai membuat surat pengunduran diri dari parpol masing-masing.

”Dari penelusuran kami, 5 dari 6 kades menyatakan tidak pernah mengikuti parpol dan dibuatkan surat pernyataannya. Lalu satu kades telah mengundurkan diri dari parpol disertai surat keterangan dari partainya untuk dilaporkan ke KPUD dan Bawaslu," ujar Dadan kepada wartawan, Minggu (4/9).

Untuk diketahui, sebanyak enam kades di Kabupaten Tangerang tercatat dalam dalam keanggotaan dan pengurus parpol yang terdaftar pada Sipol KPU. Nama-nama kades itu diketahui saat KPU Kabupaten Tangerang melakukan verifikasi factual. 

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas, Hukum, Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang, Zulpikar mengatakan kalau enam kades tercatat sebagai anggota dan pengurus sejumlah parpol. (tim redaksi)

#kabupatentangerang
#pemiluserentak2024
#sipolkpu
#kpuka
#verifikasifaktual
#bawaslu
#dpmpdkabupatentangerang

Tidak ada komentar