Breaking News

Susuri Destinasi Wisata Kota Tangerang Gratis dengan Numpang Bus Jawara

Warga mengantre di Taman Elektrik Jalan Satria Sudirman, Kota Tangerang untuk menaiki bus Jawara. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Bidang wisata digarap serius oleh 
Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Selain membuat destinasi wisata baru, aspek transportasi juga digarap. Salah satunya adalah menghadirkan alternatif transportasi untuk para wisatawan.

Pemkot Tangerang menyediakan fasilitas bagi wisatawan yang ingin keliling kota mengunjungi berbagai lokasi wisata di daerah itu melalui Bus Jawara (Bus Jalan-jalan Wisata Rakyat Tangerang) tanpa dipungut biaya alias gratis. 

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan bus Jawara ini bisa dinikmati secara gratis, baik oleh warga lokal maupun wisatawan. Dia juga mengatakan bus jalan-jalan ala odong-odong kekinian ini salah satu fasilitas prasarana wisata gratis.

Dengan Bus Jawara, kata Arief juga, masyarakat yang tentunya aman dan nyaman berkeliling ke berbagai titik poin wisata di Kota Tangerang. "Biar pada bisa jalan-jalan gratis keliling kota, bisa turun juga di tempat-tempat wisata yang semuanya gratis,” ujar akhir pekan ini (2/9/2022).

Untuk diketahui, bagi masyarakat yang ingin menaikiki Bus Jawara tersedia empat lokasi. Yakni, Taman Elektrik yang berlokasi di depan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, lalu Taman Gajah, Taman Potret, dan Jembatan Kaca Cisadane. 

Saat ini, Pemkot Tangerang menyediakan 3 unit Bus Jawara dengan 3 warna berbeda yang bisa ditumpangi warga untuk berkeliling Kota Tangerang. Bus-bus ini memiliki 2 area tempat duduk berbeda untuk kenyamanan penumpang. 

”Ada area terbuka dan area full AC. Masyarakat pun tak perlu kesulitan mengenai bus ini karena nama Bus Jawara terpampang jelas di wajah depan dan badan bus,” ucap Arief lagi.

Adapun bus wisata ini mulai beroperasi mulai pukul 16.00 WIB setiap harinya untuk membawa wisatawan berkeliling kota dengan rute yang cukup panjang, yaitu sekitar 13,4 kilometer (km) berkeliling Kota Tangerang. 

Rute Bus Jawara ini, dimulai dari Taman Elektrik Puspem-Jalan Veteran-Taman Burung-Kawasan Kuliner Laksa Tangerang-Taman Potret-Taman Gajah Tunggal-Kampung Bekelir-Jalan Otista-Ks Tubun-Jembatan Berendeng-Taman Pramuka dan kembali ke Taman Elektrik Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Bagaimana tanggapan warga? Indah Parwati, warga Pesanggrahan mengaku senang bisa keliling-keliling Kota Tangerang dengan Bus Jawara. ”Bus ini sama dengan yang ada di Jakarta. Gratis keliling-keliling,” terangnya. 

Tapi, katanya juga, kalau bus wisata di Jakarta bertingkat dan semuanya tertutup. ”Tapi kalau bus Jawara ada bagian outdoornya. Mirip bus wisata yang ada di luar negeri,” terangnya. (tim redaksi)

#pariwisata
#busgratis
#busjawara
#pemkottangerang
#jalanjalansore
#kotaseribuindustri

Tidak ada komentar