Breaking News

Serangan Jantung, Pelari Veteran Asal Samarinda Meninggal saat Lomba Balikpapan Open 10K

Pelepasan lomba lari Balikpapan Open 10K, Minggu (4/9/2022). Foto: istimewa

WELFARE.id-Ajang lomba lari Balikpapan Open 10K yang digelar di Lapangan Merdeka, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (4/9/2022) berujung duka. 

Pasalnya, seorang peserta yang berasal dari Kota Samarinda bernama Muhammad Jufri, 46, meninggal dunia saat mengikuti ajang lomba lari yang digelar tahunan di Kota Balikpapan tersebut.  

Adapun peserta lomba lari Balikpapan Open 10K yang tewas itu masuk kategori veteran. Saat itu, Jufri terjatuh ketika tengah menyelesaikan rute lomba lari tepatnya di sekitar kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, Minggu (4/9/2022) pukul 07.30 Wita. 

”Benar. Peserta meninggal itu peserta nomor urut 0183. Identitasnya seorang laki-laki atas nama Bapak M Jufri berusia 46 tahun. Dari laporan yang kami terima, yang bersangkutan jatuh di depan Kantor Dinas Kesehatan,” terang Kepala Dinkes Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Andi juga mengatakan, di sekitar lokasi jatuhnya Jufri pihaknya menempatkan tim P3K untuk kegiatan ini yang berasal dari Puskesmas Klandasan Ilir. ”Petugas yang mendapat laporan peserta terjatuh langsung bergerak melakukan pertolongan pertama,” paparnya. 

Namun, kata Andi juga, saat tim medis tiba dan melakukan pengecekan, tidak ditemukan denyut nadi, tekanan darah juga sudah tidak terukur. Selanjutnya, tim medis berupaya memompa jantung dan paru yang bersangkutan. 

Suasana duka di rumah pelari kategori veteran M Jufri yang meninggal saat mengikuti Balikpapan Open 10K, Minggu (4/9/2022). Foto: istimewa

Bahkan, tim medis Puskesmas Puskesmas Klandasan Ilir melakukan pemberian epinefrin. ”Karena tidak ada perbaikan dan akhirnya dirujuk ke RSUD Beriman. Tiba di RSUD Beriman, pemeriksaan EKG jantung jam 08.16 WIB menunjukkan hasil flat,” lanjutnya 

Diduga meninggal dunia karena serangan jantung. Saat korban dirujuk ke RSUD Beriman, pihak keluarga langsung datang ke rumah sakit itu untuk mendampingi korban. Meski sudah ditangani tim medis, tapi takdir berkehendak lain dan Jufri meninggal.  

Ucapan duka pun disampaikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. ”Saya turut berduka cita atas musibah meninggalnya seorang pelari Balikpapan Open 10K di kategori veteran,” terangnya. 

Dia juga mendoakan agar almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan. ”Untuk santunan kita lihat nanti ke depan,” terangnya. (tim redaksi)

#lombalari
#balikpapanopen10k
#meninggal
#pelari
#seranganjantung
#rsudberiman
#walikotabalikpapan
#rahmadmas'ud

Tidak ada komentar