Breaking News

Selidiki Asap Pemicu Kecelakaan di Tol Pejagan-Pemalang, Polisi Periksa 13 Saksi

Kecelakaan di tol Pejagan-Pemalang (net) 

WELFARE.id-Polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan beruntun di Tol Pejagan-Pemalang yang menewaskan satu orang. Pihak berwenang telah memeriksa pemilik lahan serta pihak pengelola jalan tol terkait asap yang menyebabkan kecelakaan beruntun. 

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, sejauh ini Polres Brebes telah memeriksa 13 pemilik lahan serta pihak pengelola jalan tol. "Asap api akibat kebakaran itu diduga kuat menjadi penyebab kecelakaan beruntun 13 saksi sudah diperiksa," jelasnya dikutip Kamis (22/9/2022). 

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan memeriksa pihak ketiga pengelola maintenance ruang milik jalan (rumija) pada hari ini. "Dari pihak ketiga yang akan diperiksa adalah dari pihak PT. Kencana Biru," imbuhnya. 

Dia mengungkapkan, hingga saat ini penyidik masih berfokus pada asal api penyebab kebakaran. Dalam hal ini apakah berasal dari lahan milik warga atau berasal dari rumija (ruang milik jalan) tol. Untuk mengetahui arah angin ini penyidik menyelidiki lewat CCTV di rest area km 252. Dari sini bisa dianalisa apakah api berasal dari luar rumija atau dari area di sekitar rumija. Selain itu, mereka (penyidik) juga menunggu hasil pemeriksaan dari tim labfor," tandasnya. 

Dia berharap hasil penyelidikan segera mengerucut pada penyebab api dan pelaku pembakarannya. Apabila ditemukan bukti kebakaran tersebut karena kesengajaan, dia menyatakan polisi tak segan untuk memproses pelaku. "Dapat diancam dengan Pasal 359 KUHP dan terancam pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun," ujarnya. 

Terpisah, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengkaji standar pelayanan di jalan tol Pejagan - Pemalang, akibat faktor asap pembakaran hasil panen. 

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menjelaskan, selain meninjau ulang mekanisme operasional di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pihaknya juga bakal melakukan evaluasi terhadap efektivitas penggunaan CCTV. 

Evaluasi tersebut berkaitan dengan cara kerja operator CCTV dalam memantau operasi jalan tol. KNKT menilai petugas pemantau CCTV memiliki peran besar dalam kelancaran operasi jalan tol. Tetapi, memang ada potensi bahwa petugas CCTV di jalan tol lebih cepat lelah atau jenuh karena aktivitasnya yang pasif. "Beberapa temuan memang karena asap, tetapi akan kita review Standard Operation Procedure atau SOP, soal bagaimana tindakan pencegahan jika terjadi hal demikian," tukasnya. 

Lebih lanjut, Soerjanto menjelaskan dalam peristiwa kecelakaan yang terjadi di Tol Pejagan - Pemalang tersebut semestinya operator jalan tol sudah bisa memberikan tanda apabila terjadi kepulan asap bagi pengemudi berdasarkan pemantauan CCTV. Dengan demikian, kemungkinan kecelakaan bisa dihindari. 

Dalam waktu dekat, KNKT juga berjanji akan memberikan rekomendasi mengenai kecelakaan tersebut. "SOP apakah sudah mencukupi. Kalau belum ya kita tingkatkan standarnya, terutama dari Badan Pengatur Jalan Tol [BPJT] dan dari operator seperti apa,” imbuhnya. 

KNKT juga telah menyebut asap tebal akibat pembakaran menjadi faktor utama penyebab kecelakaan beruntun di Tol Pejagan-Pemalang pada 18 September 2022. “Asap memang sebagai faktor kontribusinya. Tiba-tiba menjalar ke tepi jalan tol terus kemudian membesar sehingga asapnya tebal. Nah, mobilnya ngerem mendadak,” ujarnya. 

Hal tersebut didapatkan juga dari keterangan para korban kecelakaan bahwa pengendara sudah mengurangi kecepatan karena jarak pandang hanya sekitar satu meter. Lalu saat memasuki asap tebal, pengendara melihat banyak kendaraan berhenti di depannya sehingga menjadi penyebab kecelakaan beruntun terjadi. “Jadi kalau penyebabnya kita sudah gamblang karena asap. Tapi kenapa tidak bisa memberikan peringatan sebelum memasuki asap. Ada atau tidak peringatan, itu yang masih kita evaluasi,” imbuhnya. 

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga mewaspadai dampak asap pembakaran sisa panen. Hal tersebut menyusul terjadinya tabrakan beruntun terjadi di Tol Pejagan-Pemalang. (tim redaksi) 

#kecelakaanditol
#tolpejaganpemalang
#asaphalangipandanganpengendaraditol
#poldajateng
#knkt

Tidak ada komentar