Breaking News

Sebar 10 Juta Bendera Merah Putih di Seluruh Indonesia, Kemendagri Raih Rekor Dunia MURI

Pendiri Muri Jaya Suprana menyerahkan piagam penghargaan rekor dunia Muri kepada Wamendagri John Wempi Wetipo di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Senin (5/9/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Rekor baru diraih Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan berhasil meraih rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia (Muri) karena sukses melaksanakan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih di seluruh Tanah Air.

Penghargaan Muri itu diberikan langsung pendiri Muri, Jaya Suprana kepada Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Senin (5/9/2022).

Untuk diketahui, gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih merupakan inisiatif Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.

Gerakan pembagian bendera yang berlangsung mulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2022 tersebut diikuti hampir seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia. Selain pemerintah daerah, seluruh unsur masyarakat juga turut bergabung dan membagikan bendera merah putih di lingkungan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Mendagri Tito Karnavian mengaku terharu atas penghargaan rekor Muri tersebut. Dia mengatakan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih bukanlah sebuah program yang direncanakan secara spesifik sejak awal tahun.

”Tapi karena tugas Kemendagri salah satunya menjaga dan mengembangkan wawasan kebangsaan, serta menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia, maka kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” terang Tito juga. 

Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih, lanjut Tito, merupakan bagian dari upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta memperkuat wawasan kebangsaan yang perlu terus dirawat di tengah keberagaman. 

Mantan Kapolri ini pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan gerakan tersebut.

Sementara itu, Jaya Suprana mengatakan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih merupakan program besar, tetapi mampu dijalankan dengan baik dalam waktu singkat. 

Hal ini bisa terlaksana tentunya berkat dukungan dari berbagai pihak termasuk kepala daerah. ”Apa yang Anda (Mendagri) lakukan itu masuk ke mission impossible sebenarnya, tetapi Anda bisa lakukan,” ucap Jaya.

Dia juga mengatakan semula gerakan tersebut dicalonkan sebagai kegiatan yang masuk dalam rekor tingkat nasional. Namun setelah melihat capaian dari gerakan itu, pihaknya menilai kegiatan tersebut layak diberi rekor dunia dari MURI. 

Ia juga mengapresiasi sikap negarawan yang dimiliki Mendagri Tito karena meminta agar piagam penghargaan tersebut diberikan kepada Wamendagri dan bukan kepada dirinya.

Hadir menyaksikan melalui video Conference Pemberian rekor Muri itu Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkot Samarinda Hery Suryansyah dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Samarinda Sucipto Wasis. (tim redaksi) 


#rekormuri
#pembagian10jutabendera
#benderamerahputih
#kemendagri
#jayasuprana
#titokarnavian
#samarindakotapusatperadaban

Tidak ada komentar