Breaking News

Ratu Elizabeth II Dimakamkan 19 September, PM Truss Tempel Raja Charles III Bersafari

Warga Inggris masih berduka usai kepergian Ratu Elizabeth II, Kamis (8/9/2022) lalu. Foto: Istimewa/ Reuters

WELFARE.id-Pemakaman kenegaraan untuk Ratu Elizabeth II akan dilakukan Senin (19/9/2022) nanti. Hal tersebut disampaikan pejabat kerajaan, saat putra Ratu, Raja Charles III secara resmi dinyatakan sebagai raja baru Inggris, Sabtu (10/9/2022).

Melansir Reuters, Senin (12/9/2022), peti mati Ratu Elizabeth II dibawa menggunakan mobil dari rumahnya di Istana Balmoral ke Edinburgh, Minggu (11/9/2022). Perjalanan itu dilakukan secara perlahan dan memakan waktu selama enam jam.

Dalam perjalanan tersebut, masyarakat diberi kesempatan untuk berbaris di pinggir jalan yang dilalui sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada sang Ratu. Peti mati itu ditempatkan pada sebuah mobil jenazah yang dijaga oleh enam orang pengawal.

Kini, peti mati Ratu Elizabeth telah ditempatkan di aula Istana Balmoral, dihiasi dengan bendera Kerajaan Skotlandia dan bunga. Setelah itu, bersama anak perempuannya, Putri Anne, jenazah Ratu bakal dibawa pergi dari Istana Balmoral menuju Edinburgh. 

Peti mati Ratu nantinya bakal ditaruh di ruang tahta Istana Holyroodhouse. Sebelum dimakamkan, peti mati Ratu bakal dibawa ke London, melewati serangkaian prosesi, lalu dipindahkan dari Istana Buckingham ke Aula Westminster. Peti mati Ratu lalu bakal didiamkan di Westminster selama empat hari. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melayat pemimpin Inggris selama 70 tahun itu. 

Safari Raja Charles III dimulai

Bersamaan dengan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, Raja Charles III melakukan safari ke Inggris raya sebagai kepala negara yang baru. Charles III akan berkunjung ke Ibu Kota Skotlandia, Edinburgh, Ibu Kota Irlandia Utara, Belfast, dan Ibu Kota Wales, Cardiff.

Selain Raja Charles III, kepala pemerintahan Inggris yang baru, Perdana Menteri Liz Truss, juga akan melakukan hal yang sama. Melansir BBC, Senin (12/9/2022), baik Raja Charles III dan Truss masing-masing akan memperkenalkan diri ke publik dalam peran baru mereka, pada saat yang sama.

Sumber mengatakan kepada BBC bahwa Truss menghadiri kebaktian gereja di setiap kota. Di sisi lain, banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari di Inggris yang akan berubah dengan naik takhtanya Charles III ke singgasana raja.

Dari lagu kebangsaan, uang kertas dan koin, hingga perangko dan paspor, akan berubah menyesuaikan kepala negara baru Kerajaan Inggris. Selain menjadi kepala negara Inggris, Raja Charles III juga menjadi kepala negara di 14 negara lain.

Selama berabad-abad, peran konstitusional raja berkembang dari menandatangani surat resmi, menjadi tuan rumah kunjungan kenegaraan, membuka parlemen, hingga menyerahkan penghargaan. Pada Minggu (11/9/2022), Selandia Baru dan Australia resmi menyatakan Raja Charles III sebagai kepala negara. (tim redaksi)

#ratuelizabethIImeninggaldunia
#dukakerajaaninggris
#kerajaaninggrisberduka
#rajacharlesIII
#pminggrisliztruss
#rencanapemakamanratuelizabetII
#prosesipemakaman

Tidak ada komentar