Breaking News

Pertimbangkan Sebelum Pakai Soflens, Berikut Plus Minus Lensa Kontak

Orang memakai lensa kontak. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pemakaian softlens atau lensa kontak bisa menjadi alternatif untuk orang yang memiliki masalah penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, dan mata minus. Pemakaian lensa kontak dianggap lebih praktis dibanding menggunakan kacamata, apalagi bisa membuat penampilan menjadi lebih menarik.

Tapi jangan sembarangan ya. Jika ingin pakai softlens ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sebagai berikut:

1. Harus ada indikasi medis

Menurut Dokter Spesialis Mata dr Degiana Syabdini Edwixa, Sp.M, sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak apabila tidak ada indikasi medis seperti gangguan penglihatan atau kelainan kacamata. "Tapi jika dia hanya pakai untuk kosmetik ini juga bisa, tapi harus banyak persyaratannya, karena itu benda asing nempel di mata," ujar dr. Degiana di akun Instagram RS EMC, dikutip Jumat (23/9/2022).

2. Lengkungan bola mata tiap orang beda

Pernahkah merasa perih, atau lensa kontak terus kendur saat digunakan? Bisa jadi Anda memakai softlens yang ukuran lengkungannya tidak pas, sehingga tidak nyaman digunakan. Ini karena menurut dr. Degiana setiap orang memiliki lengkungan bola mata atau kornea yang berbeda.

"Yang di pasaran itu sudah sesuai dengan mayoritas orang, tapi ada juga yang emang pas, kadang ada yang gunakan softlens tidak pas, terlalu menekan, atau longgar. Sehingga komplikasi bisa iritasi, matanya kering, itu yang sering kejadian," bebernya.

3. Konsultasikan dan periksa ukuran mata ke dokter

Yang terbaik adalah periksakan diri ke dokter, untuk mencari atau minta dibuatkan softlens yang ukuran lengkungannya pas agar nyaman digunakan dan tidak menginfeksi atau mengiritasi mata. Karena infeksi akibat iritasi, bisa memicu kebutaan.

"Periksa menyeluruh dulu kondisi matanya, mulai dari kelainan reflaksi atau kelainan kacamata, ukurannya, sehingga ukuran itu bisa disesuaikan dengan ukuran kontak lensnya," rincinya.

Kekurangan memakai lensa kontak

Meski begitu, di luar kelebihannya, lensa kontak juga tentu memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya membatasi jumlah oksigen yang mencapai mata dan dapat menyebabkan atau meningkatkan keparahan sindrom mata kering.

Selain itu, lensa kontak memerlukan perawatan lensa yang tepat. Kotak penyimpan lensa harus dibersihkan setiap hari untuk menghindari infeksi mata serius. 

Jika kamu tidak dapat berkomitmen untuk menjalani siklus perawatan dan penggantian kontak, pertimbangkan lensa kontak sekali pakai. Penggunaan lensa kontak juga membutuhkan biaya yang lebih besar daripada kacamata. 

Tidak hanya harus menghabiskan uang lebih banyak untuk lensa kontak di awal pemakaian, tetapi kamu juga mesti terus mendapatkan yang baru. Termasuk biaya tempat penyimpanan lensa, perawatan, dan cairan desinfektan. (tim redaksi)

#plusminuslensakontak
#soflens
#lensakontak
#perawatansoftlens
#lengkunganbolamata
#mataminus
#matarabun

Tidak ada komentar