Breaking News

Perintahkan Imigrasi Berubah Total, Presiden Jokowi Ancam Ganti Dirjen

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: net

WELFARE.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian serius pada Imigrasi. Dia bahkan menginstruksikan kepada jajaran menteri untuk mengubah total sistem imigrasi Indonesia yang dianggapnya bergaya lama dan menghalangi investor dan wisatawan masuk.

Itu disampaikan Jokowi saat memimpin rapat mengenai visa on arrival (VoA) dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (9/9/2022).

"Saya harapkan ini betul-betul, nanti dari setelah rapat ini terjadi perubahan yang total terhadap imigrasi kita. (Saat ini) Belum berubah sama sekali," ujarnya dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretaris Presiden pada Sabtu (10/9/2022).

Peringatan itu diungkapkan Jokowi karena banyak investor dan turis yang menyampaikan keluhan kepadanya, bahwa sangat sulit untuk mendapatkan izin tinggal di Indonesia. Menurut Jokowi juga, mereka mengatakan sistem imigrasi di Tanah Air masih sangat mengatur dan mengontrol.

Karenanya, ia berharap hal tersebut bisa diubah dengan cara apapun. Jika perlu, seluruh jajaran seperti Direktur Jenderal (Dirjen) hingga bawahannya diganti semuanya dengan yang baru.

"Ini yang diubah total. Harus. Yang seharusnya auranya adalah memudahkan dan melayani. Harus berubah total. Kalau perlu Dirjennya diganti, bawahnya diganti semua, biar ngerti kalau kita ingin berubah. Kalau kita ingin investasi datang, turis datang, harus diubah," cetusnya juga.

Mantan Gubernur DKI ini menekankan kedatangan investor dan turis asing ke dalam negeri memberikan kontribusi besar pada perekonomian, seperti negara maju yang sangat cepat dan mudah dalam memberikan layanan visa.

Cara tersebut yang dinilai perlu dicontoh oleh Indonesia. "Urusan imigrasi kita yang memang masih gaya lama. Ini yang begini-begini ini bermanfaat sekali bagi rakyat kita. Kita harus mulai betul-betul, Pak Menteri, mengubah ini, Pak," paparnya juga.

"Ganti itu kalau kira-kira memang nggak punya kemampuan untuk reform seperti itu, ganti semuanya dari dirjen sampai bawahnya, ganti, akan berubah. Kalau ndak, nggak akan berubah kita," tandas Jokowi juga. (tim redaksi)

#rapatterbatas
#presidenjokowi
#jokowidodo
#imigrasi
#perbaikanpelayanan
#wisatawan
#investor

Tidak ada komentar