Breaking News

Panggung NYFW 2023 "Mendadak Indonesia", 7 Desainer Tanah Air Pukau Publik Internasional

Brand lokal Erigo-X menampilkan koleksi terbaru mereka di panggung New York Fashion Week (NYFW) 2023. Foto: Istimewa/ Dok.Erigo-X

WELFARE.id-Sejumlah desainer dan brand lokal Indonesia sukses mempresentasikan koleksinya di peragaan busana internasional New York Fashion Week (NYFW) "The Show" Spring/Summer 2023. Mengusung "Indonesia Now", Enam merek fashion lokal unjuk gigi di salah satu pusat fashion dunia itu. Mereka adalah:

1. Spous by Priyo Oktaviano

Desainer Priyo Oktaviano menghadirkan koleksi bertajuk "Childhood Reminiscence" yang terinspirasi dari kenangan masa kecil. Menggunakan material utama tenun endek Bali, Priyo ingin menunjukkan kebebasan dan imajinasi ekspresif masa kecil.

Meskipun menggunakan kain tradisional, Priyo Oktaviano mengaku ingin membawa Spous untuk pasar yang lebih muda. Sehingga desainnya hadir dengan kesan fun dan penuh warna.

2. Alleira Carys Cares X Amero Jewellery

Alleira Batik kembali ke panggung NYFW. Kali ini, pihaknya berkolaborasi dengan Carys Cares dan Amero Jewellery untuk mempresentasikan koleksi bertajuk "Paradise".

Koleksi ini terdiri dari sejumlah busana yang uniknya merupakan hasil lukisan tangan anak-anak down syndrome. Adapun motif-motif batik yang dipamerkan oleh Alleira Batik di ajang NYFW Spring/Summer 2023 kali ini memiliki nuansa khas Bali.

3. Heaven Lights

Mencicipi panggung NYFW untuk pertama kalinya, brand modest wear ini menampilkan koleksi bertajuk "Tanah Kita Papua". Seperti namanya, lewat koleksi ini Heaven Lights ingin memamerkan keindahan alam Papua ke kancah internasional.

Keindahan alam Papua tersebut tertuang dalam rangkaian koleksi dengan detail pattern cantik ciri khas Heaven Lights.

4. Coreta Louise

Desainer lokal yang sebelumnya sudah lalu lalang di NYFW kini kembali menampilkan karyanya lewat group show Indonesia Now. Lewat koleksi bertajuk "Sea Reflection From The Sea to The City", Coreta Louis menampilkan koleksi batik yang terinspirasi dari keindahan alam bawah laut Bunaken, Sulawesi Utara.

Coreta Louis juga bekerja sama dengan para perajin lokal yang hasil karyanya berupa aksesori dipakai untuk menyempurnakan tampilan koleksinya di runway.

5. Suedeson By Kimberly Tandra

Desainer muda Kimberly Tandra berkesempatan untuk kembali mempresentasikan hasil rancangannya di NYFW 2023. Kali ini, desainer berusia 23 tahun itu membawakan koleksi yang merupakan gabungan keragaman budaya Indonesia, terinspirasi dari kehidupan personalnya.

Dia membawakan koleksi dengan siluet feminin yang menjadi ciri khasnya, seperti dress dengan potongan flowy dan dilengkapi dengan detail manis.

6. Erigo-X

Erigo-X menjadi salah satu brand lokal yang kembali mempresentasikannya koleksinya di panggung NYFW. CEO dan Founder Erigo Muhammad Sadad mengungkapkan, kehadiran mereka di panggung fashion bergengsi itu tidak hanya kebanggaan bagi mereka tapi juga fashion industry Indonesia. 

"Ini menjadi tren positif bagi kami. Pencapaian ini bukan hanya pencapaian kami tapi juga pencapaian fashion industry indonesia," ucapnya. 

7. Vivi Zubedi

Vivi Zubedi kembali ke NYFW membawakan koleksi dengan sentuhan khas Nusantara. Adalah kain sasirangan khas Banjar Baru yang proses pembuatannya melibatkan langsung pengrajin lokal asal Banjarmasin.

Vivi mengaku, koleksi yang dipamerkannya merupakan karya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), namun tetap dengan sentuhan Vivi Zubedi. (tim redaksi)

#merekfashionlokal
#newyorkfashionweek2023
#springsummer
#fashionlokalgointernational
#nyfw2023
#industrifashion

Tidak ada komentar