Breaking News

Orang Hipertensi Berisiko Alami Kepikunan, Ini Salah Satu Penyebabnya

Gangguan hipertensi. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pasien dengan hipertensi ternyata berisiko mengalami gangguan kognitif atau demensia. Dokter Spesialis Saraf RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita dr Eka Harmeiwaty, Sp.S mengatakan, tekanan darah tinggi dapat menimbulkan kerusakan di dinding pembuluh darah, sehingga lambat laun akan terjadi kerusakan di saraf darah otak serta penyempitan pembuluh darah berukuran kecil-kecil di otak.

"Sumbatan-sumbatan kecil-kecil ini biasanya lebih dominan di daerah memori itu. Sehingga menyebabkan seseorang mengalami gangguan kognitif yang berlanjut sebagai demensia," ujar dr Eka dalam diskusi daring “Waspada Hipertensi Merusak Otak” di Jakarta, dikutip Jumat (2/9/2022).

Meski tinggi risiko, dia tidak dapat  memastikan kapan demensia datang kepada penderita hipertensi. Pasalnya, demensia juga dipengaruhi oleh banyak faktor lain termasuk genetik.

"Kapan akan terjadinya demensia? Tidak ada yang tahu. Enggak semua yang hipertensi juga akan demensia tapi berisiko demensia. Jadi belum bisa dibilang hipertensi menimbulkan demensia setelah sekian tahun," paparnya.

Lebih lanjut, dia menyebut, sumbatan-sumbatan kecil yang muncul di otak juga dapat terjadi pada pasien hipertensi yang telah terkontrol selama bertahun-tahun. Tidak jarang juga mengalami gangguan kognitif.

Hipertensi sendiri merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Untuk mengatasinya, pasien harus minum obat secara teratur, mengatur pola hidup sehat, serta menghindari faktor risikonya. (tim redaksi)

#orangdenganhipertensi
#hipertensiberisikodemensia
#demensia
#pikun
#darahtinggi
#faktorgenetik
#sumbatandiotak
#otakbagianmemori

Tidak ada komentar